FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES KERJA PADA ANAK BUAH KAPAL ( Studi pada Kapal Penumpang dan Kapal Barang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya )

AKHMAD IMRON, 101214253013 (2014) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES KERJA PADA ANAK BUAH KAPAL ( Studi pada Kapal Penumpang dan Kapal Barang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-imronakhma-33708-9.abstr-k.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-imronakhma-33708-1.fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anak buah kapal akan mengalami stress kerja apabila lingkungan kerja fisik dan kondisi pekerjaan tidak mendukung dan tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan. Kegiatan diatas kapal akan berbeda kondisi dan lingkungan antara kapal penumpang dan kapal barang. Dimana pada kapal penumpang yang dihadapi adalah muatan manusia dan pada kapal barang yang dihadapi adalah muatan barang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat stres kerja pada ABK, menganalisis pengaruh antara karakteristik individu, lingkungan kerja fisik, kondisi pekerjaan terhadap stres kerja dan menganalisis adanya perbedaan variabel tersebut antara kapal penumpang dan kapal barang.Penelitian ini adalah penelitian crosssectional dengan populasi sebesar 109 ABK.Sampel pada penelitian ini diambil secara stratified random samplingterdiri dari 70 ABK kapal penumpang dan 16 ABK kapal barang berdasarkan jabatan di kapal yaitu: perwira dek, perwira mesin, ABK dek dan ABK mesin. Analisa data dengan menggunakan uji komparasiMann Whitney&Chisquare untuk melihat adanya perbedaan antara kapal penumpang dan kapal barang, melihat adanya pengaruhmenggunakan uji regresi ordinal. Hasil uji komparasi diketahui bahwa adanya perbedaan: jabatan, masa kerja, suhu, tempat istirahat, tuntutan kerja, dukungan kerja,hubungan kerja dan peran kerja. Hasil uji regresi ordinal secara multivariat antara karakteristik individu, lingkungan kerja fisik dan kondisi kerja terhadap stress kerja menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna di mana (P<0,05) untuk karakteristik yaitu status perkawinan,masa kerja, untuk lingkungan kerja yaitu pencahayaan, kebisingan dan untuk kondisi pekerjaan yaitu dukungan kerja. Stres kerja perlu dikendalikan oleh pihak perusahaan dan para ABK itu sendiri dengan cara memperbaiki lingkungan kerja fisik dan kondisi pekerjaan yang menjadi penyebab stres, guna mencapai produktivitas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK. TKK. 04-14 Imr f
Uncontrolled Keywords: work stress, ship's crews, individual Characteristics of the vessel, work environment, work condition.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
AKHMAD IMRON, 101214253013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Martiana, Prof., Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
ContributorHari Basuki N., Dr., dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 20 Jun 2017 16:52
Last Modified: 20 Jun 2017 17:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38890
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item