KEKERASAN SIMBOLIK PADA SISWA DALAM PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL

Sri Widarni, 071214753008 (2014) KEKERASAN SIMBOLIK PADA SISWA DALAM PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-widarnisri-33862-4abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-widarnisri-33862-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini berawal dari keprihatinan terhadap penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) yang selalu bermasalah dan menjadikan tekanan bagi diri siswa. Standarisasi UN yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan malah memperlebar kesenjangan kualitas dan kuantitas lulusan yang sudah ada yang akhirnya justru menimbulkan praktik-praktik penyimpangan dalam pelaksanaan UN. Keinginan pemerintah daerah dan keinginan sekolah untuk mencapai tingkat kelulusan dan nilai rata-rata UN yang tinggi untuk mewujudkan citra daerah dan sekolah yang ‘berhasil’ pada akhirnya menimbulkan tindakan-tindakan penekanan pada guru dan siswa. Lebih spesifik, studi ini ingin memahami bagaimana tekanan yang dialami guru dan siswa tersebut sebagai bentuk kekerasan simbolik, bagaimana mekanismenya. Fokus studi ini dianalisis dengan menggunakan konsep-konsep milik Pierre Bourdieu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah induktif-kualitatif dengan menggunakan analisis refleksif. Setting penelitian dilakukan di SMAN 3 Palu, sebagai sekolah reguler yang mulai diminati berbagai kalangan masyarakat di kota Palu. Hasil dari penelitian ini, meunjukkan bahwa dalam pelaksanaan Ujian Nasional membentuk mekanisme terjadinya kekerasan simbolik melalui praktik kekuasaan dan praktik pedagogi di sekolah, sehingga dalam hal ini obyek guru dan siswa yang paling berat menerima bebannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSO 07/14 Wid k
Uncontrolled Keywords: National exams, School, and symbolic violence
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) > LG21-961 Individual institutions > LG21-395 Asia > LG181-184 Indonesia
R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Sri Widarni, 071214753008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTuti Budirahayu, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 12 Jun 2017 18:23
Last Modified: 12 Jun 2017 18:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38932
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item