DAMPAK PENGUNGKAPAN INFORMASI LAPORAN KEBERLANJUTAN DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI KAPITALISASI PASAR DENGAN PEMODERASI TATA KELOLA PERUSAHAAN

CITRA NOVI SUNARTO, 041224253006 (2014) DAMPAK PENGUNGKAPAN INFORMASI LAPORAN KEBERLANJUTAN DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI KAPITALISASI PASAR DENGAN PEMODERASI TATA KELOLA PERUSAHAAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-sunartocit-33866-10.abst-k.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-sunartocit-33866-1.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

BUMN merupakan pendukung sektor ekonomi di Indonesia tidak hanya melihat aspek keuntungan secara ekonomis semata, namun juga harus memperhatikan aspek sosial dan lingkungannya. Pertumbuhan perusahaan secara keberlanjutan harus dapat diwujudkan perusahaan, sehingga tidak terfokus pada aspek finansial saja. Hal ini sesuai dengan Undangundang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas yang menegaskan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah tanggungjawab dan peran serta perusahaan sebagai wujud pembangunan ekonomi keberlanjutan. Konsep pengembangan keberlanjutan merupakan konsep yang telah lama diperkenalkan dalam dunia bisnis. Tujuan pengembangan sosial dan ekonomi perlu ditentukan oleh semua negara berkembang ataupun negara yang sedang berkembang, negara dengan market-oriented atau sistem terpusat. Selain informasi yang dihasilkan dari laporan keberlanjutan perusahaan, diperlukan pengungkapan modal intelektual suatu perusahaan. Modal intelektual layak untuk diungkapkan karena merupakan informasi penting yang juga mencerminkan nilai perusahaan dalam jangka panjang yang akan meningkatkan nilai kapitaliasasi perusahaan. Penelitian ini ingin membuktikan apakah pengungkapan informasi keberlanjutan dan modal intelektual adalah informasi yang bersifat voluntary atau sukarela diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan, yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti sebelumnya. Kinerja perusahaan dapat ditinjau dari beberapa aspek, namun penelitian ini berfokus pada pencapaian nilai kapitalisasi pasar, dan harus didukung dengan adanya mekanisme tata kelola perusahaan yang baik. Hal ini dikarenakan konsep pengungkapan sukarela merupakan kesadaran dan juga kepekaan dari para pemegang saham perusahaan, yang juga menyangkut kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada BUMMN di Indonesia dengan periode penelitian tahun 2009-2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan informasi laporan berkelanjutan dapat memengaruhi nilai kapitalisasi perusahaan, sedangkan pengungkapan modal intelektual tidak. Untuk pengaruh moderasi, dapat dilihat bahwa hampir semua mekanisme tata kelola perusahaan yang terdiri dari kepemilikan manajer, kepemilikan pemerintah, komisaris independen, komite tata kelola perusahaan, komite audit tidak dapat memperkuat hubungan pengungkapan laporan berkelanjutan terhadap nilai kapitalisasi pasar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. TEA. 38-14 Sun d
Uncontrolled Keywords: Sustainability reporting disclosure information, intellectual capital disclosure information, corporate governance mechanisms, managerial ownership, government ownership, independent commisisoners, governance commitee, audit commitee, dan market capitalization.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4701-4751 Government securities. Industrial securities. Venture capital
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
CITRA NOVI SUNARTO, 041224253006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. Zaenal Fanani, Dr., S.E., MSA., Ak., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 12 Jun 2017 18:15
Last Modified: 12 Jun 2017 18:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item