DAMPAK IMITASI ENDORSER PADA PRODUCT INVOLVEMENT TERHADAP KREDIBILITAS ENDORSER ASLI DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK

SARAH LUSIANA WULANDARI, 041112212 (2015) DAMPAK IMITASI ENDORSER PADA PRODUCT INVOLVEMENT TERHADAP KREDIBILITAS ENDORSER ASLI DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-wulandaris-38465-5.abstr-t.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
3896.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini banyak perusahaan yang melakukan imitasi untuk memperoleh keuntungan atas reputasi dan upaya pemasaran. Praktik imitasi yang dilakukan saat ini merambah hingga imitasi figur tokoh tertentu untuk kemudian dijadikan sebagai bintang iklan (endorser). Namun praktik imitasi yang dilakukan justru merugikan kredibilitas endorser asli dan berdampak pula pada sikap konsumen atas merek. Efek merugikan yang diterima oleh kredibilitas endorser dan merek pengguna endorser imitasi akan berbeda-beda, bergantung pada jenis endorser yang digunakan itu sendiri serta kaitannya dengan product involvement. Penelitian ini menguji bagaimana pengaruh endorser imitasi (selebriti/atlet/expert) dan jenis keterlibatan produk yang menggunakan endorser imitasi (keterlibatan rendah/keterlibatan tinggi). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest-post-test experimental design dengan desain betweensubject. Data diperoleh dari 180 orang partisipan yang merupakan mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Hasil menunjukkan bahwa praktik imitasi pada endorser memiliki dampak negatif pada endorser aslinya, yang berakibat pada menurunnya persepsi kualitas produk. Kemudian, praktik imitasi pada atlet dan expert akan menurunkan kredibilitas endorser asli dan persepsi kualitas produk lebih besar dibanding dengan praktik imitasi pada selebriti. Sedangkan pengaplikasian imitasi endorser pada produk dengan keterlibatan tinggi menyebabkan penurunan kredibilitas endorser asli dan persepsi kualitas produk yang lebih besar dibanding dengan pengaplikasian imitasi endorser pada produk dengan keterlibatan rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 277/15 Wul d
Uncontrolled Keywords: IMPACT OF IMITATION - IMITATION ENDORSER
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SARAH LUSIANA WULANDARI, 041112212UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 01 Oct 2015 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 15:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3896
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item