PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KARYAWAN PABRIK GULA WRINGIN ANOM SITUBONDO

L Ronggo Kusumo, 041141035 (2014) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KARYAWAN PABRIK GULA WRINGIN ANOM SITUBONDO. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-kusumolron-34013-3.abstr-k.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-kusumolron-34013-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan perubahan puncak pimpinan yang terjadi di lingkungan Pabrik Gula Wringin Anom – Situbondo serta berfluktuasinya laba/rugi PG Wringin Anom – Situbondo peroleh dalam kurun waktu lima tahun menjadi gambaran kinerja dari PG Wringin Anom. Dengan perubahan pimpinan puncak membawa gaya kepemimpinan yang berbeda-beda yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja yang dapat berdampak terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Hipotesis yang diuji yaitu H1:gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan. H2: gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Untuk menguji permasalahan tersebut, kuesioner disebarkan pada 57 karyawan tetap PG Wringin Anom, pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh atau sensus. Data yang terkumpul kemudian dianalisa melalui SPSS. 20.0 dengan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur untuk mengetahui seberapa besar koefisien jalur pengaruh langsung antara gaya kepemimpinan tansformasional dengan kinerja karyawan dan pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Ditunjukkan bahwa hasil analisis koefisien jalur yang diperoleh sebesar 0,439 untuk uji pengaruh langsung, dan 0,330 untuk pengaruh tidak langsungnya melalui kepuasan kerja. Untuk pengaruh total keseluruhan gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan sebesar 0,439+0,330 = 0,769. Dari analisis jalur didapatkan kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Serta gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM 32/14 Kus p
Uncontrolled Keywords: Transformational Leadership Style , Job Satisfaction , Employee Performance.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
L Ronggo Kusumo, 041141035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNuri Herachwati, Dra., Ec., M.Si., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Last Modified: 23 Aug 2016 06:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38981
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item