PENGAWASAN TERHADAP PENYERTAAN MODAL YAYASAN PADA PERSEROAN TERBATAS

CAHYO E. NUGROHO, 031214253017 (2014) PENGAWASAN TERHADAP PENYERTAAN MODAL YAYASAN PADA PERSEROAN TERBATAS. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-nugrohocah-34034-5.abstr-k.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-nugrohocah-34034-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengawasan terhadap penyertaan modal pada badan usaha dalam hal ini Perseroan Terbatas perlu dilakukan secara optimal karena penyertaan modal akan mengalihkan sebagian kekayaan Yayasan kepada Perseroan Terbatas. Pengawasan terhadap tindakan pengambilan keputusan penyertaan modal pada Perseroan Terbatas secara khusus ditujukan kepada Pembina selaku pengambil keputusan, pengawasan tersebut dapat dilakukan dari dalam dan dari luar yayasan. Dari dalam diperlukan peranan Pengawas meskipun Undang-undang Yayasan belum mengatur untuk pengawasan terhadap Pembina dan dari luar yaitu masyarakat khususnya yang mempunyai perhatian kepada Yayasan seperti Donatur. Pengurus Yayasan selaku pelaksana mempunyai pedoman pelaksanaan yakni Peraturan perundang-undangan tentang Yayasan, Anggaran Dasar Yayasan dan Akta Notaris tentang keputusan persetujuan kegiatan penyertaan modal Yayasan pada perseroan terbatas namun demikian tidak menutup kemungkinan apabila Pengurus melakukan penyimpangan dalam kegiatan penyertaan modal pada perseroan terbatas disengaja yaitu untuk keuntungan diri sendiri atau pihak tertentu. Sebagai Organ Yayasan, peranan Pengawas adalah sangat penting mengingat selain mengawasi Pengurus dalam menjalankan kegiatan Yayasan tetapi juga memberikan nasihat kepada Pengurus sehingga kegiatan Yayasan dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. TMK. 104-14 Nug p
Uncontrolled Keywords: Controlling, Capital Investments, Foundation.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4701-4751 Government securities. Industrial securities. Venture capital
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
CAHYO E. NUGROHO, 031214253017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurwahjuni, S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 23 Aug 2016 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38998
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item