REKAYASA ULANG PROSES BISNIS DAN PERAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM PENGADAAN BARANG DAN JASA UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA XI (PERSERO)

GURIT MAHENDRA SUNARNO, 041141069 (2014) REKAYASA ULANG PROSES BISNIS DAN PERAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM PENGADAAN BARANG DAN JASA UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA XI (PERSERO). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-sunarnogur-34044-4.abstr-k.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-sunarnogur-34044-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan global dalam dunia bisnis saat ini menuntut perusahaan untuk memiliki keunggulan bersaing dibanding kompetitornya. Salah satu upaya dalam menciptakan keunggulan bersaing melalui peningkatan efisensi, efektivitas dan kepuasan pelanggan. Peningkatan efisiensi dan efektivitas proses dapat dilakukan melalui rekayasa ulang terhadap proses bisnis yang dinilai kurang efisien dan efektif. Melalui rekayasa ulang proses bisnis, proses-proses yang dinilai non value added dieliminasi dan diperbaiki. Pengadaan sebagai salah satu proses binis perusahaan, memiliki peran penting dalam menciptakan efisiensi dan efektivitas karena 80% biaya produksi diperoleh pada proses ini, sehingga saat ini menjadi fokus utama perusahaan dalam meningkatkan keunggulan bersaing. Rekayasa ulang proses bisnis merupakan suatu langkah perancangan ulang terhadap proses bisnis secara radikal untuk melakukan peningkatan secara signifikan atas indikator kinerja perusahaan. Indikator kinerja yang ditingkatkan adalah kecepatan, efektifitas dan efisiensi biaya. Guna mencapai tujuan tersebut, melalui proses pengadaan, maka prosesproses yang dinilai tidak memiliki value added perlu dieliminasi dan disempurnakan melalui rekayasa ulang proses bisnis sehingga proses operasional dapat berjalan dengan efisien dan efektif. Teknologi dalam rekayasa ulang proses bisnis memilki peran penting dalam rekayasa ulang proses bisnis sebagai pendukung karena kemampuanya dalam mengatasi konstraint waktu, jarak dan komunikasi. Melalui rekayasa ulang proses binis dan memanfaatkan peran teknologi informasi diharapkan proses pengadaan dapat dilakukan secara efisien dan efektif sehingga keunggulan bersaing perusahaan dapat dicapai.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM 33/14 Sun r
Uncontrolled Keywords: Business Process Re-Engineering, Information Technology,Procurement Systems, Efficiency
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
GURIT MAHENDRA SUNARNO, 041141069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, Dr., SE., M.Sc.UNSPECIFIED
Thesis advisorFebriana Wurjaningrum, SE., MTUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 23 Aug 2016 02:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39005
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item