REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PERISTIWA TEROR BOM DI INDONESIA TAHUN 2000-2009

Agustinus, 041214353041 MM (2014) REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PERISTIWA TEROR BOM DI INDONESIA TAHUN 2000-2009. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-agustinus-34064-12.abst-k.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-agustinus-34064-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pergerakan harga saham di pasar modal tidak dapat lepas dari pengaruh faktor-faktor lingkungan baik lingkungan ekonomi maupun non ekonomi. Faktorfaktor lingkungan yang berpengaruh terhadap harga saham di pasar modal tersebut dipicu oleh peristiwa-peristiwa yang memiliki kandungan informasi. Salah satu isu tentang gangguan stabilitas keamanan seperti teror bom di Indonesia berpengaruh terhadap perekonomian dan juga pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji reaksi pasar terhadap peristiwa teror bom di Indonesia yang diukur dengan pendapatan abnormal Variabel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendapatan abnormal saham yang mencakup AAR dan CAAR. Sampel penelitian adalah saham-saham yang terdaftar di IHSG selama event windows dan tidak mengumumkan aksi korporasi selama periode tersebut. Metode penentuan pendapatan ekspektasi menggunakan pendapatan pasar yang diproksikan melalui pendapatan IHSG. Event windows selama tujuh hari sebelum sampai tujuh hari sesudah hari peristiwa teror bom. Hasil penelitian menunjukkan terjadi reaksi pasar negatif pada peristiwaperistiwa teror bom yang menimbulkan banyak korban warga negara asing atau menyangkut kepentingan negara-negara maju (Amerika Serikat dan sekutunya), terjadi reaksi pasar negatif pada peristiwa-peristiwa teror bom yang meledak di banyak tempat pada hari yang sama atau pada aset penting dan strategis milik negara, dan tidak terjadi reaksi pasar negatif pada peristiwa-peristiwa teror bom yang tidak menimbulkan banyak korban jiwa, berkaitan dengan kepentingan negara asing, serta aset penting atau strategis milik negara. Temuan penelitian tersebut tidak dapat dilepaskan dari realitas bahwa mayoritas investor di pasar modal Indonesia merupakan investor asing yang berasal dari negara-negara maju. Mengacu dari hasil penelitian, investor disarankan dapat mengantisipasi dan tidak perlu panik ketika terjadi peristiwa teror bom yang tidak menimbulkan banyak korban, tidak berkaitan dengan kepentingan negara-negara asing, dan aset penting atau strategis milik negara. Penelitian yang akan datang dapat menggunakan metode perhitungan pendapatan ekspektasi yang berbeda, yaitu mean adjusted returns, dan market and risk adjusted returns.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. MM. 17-14 Agu r
Uncontrolled Keywords: Terror Bomb, Market Reaction, Event Study
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV6001-7220.5 Criminology > HV6251-6773.55 Crimes and offenses
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Agustinus, 041214353041 MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI Made Sudana, Drs., Ec., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Last Modified: 23 Aug 2016 10:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39020
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item