PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PROSES PRIORITISASI INISIATIF STRATEGIS IT DAN IMBAL HASIL INVESTASI PADA BANK XYZ

SIGIT PRAKOSO, 041043018 MM (2014) PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PROSES PRIORITISASI INISIATIF STRATEGIS IT DAN IMBAL HASIL INVESTASI PADA BANK XYZ. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-prakososig-34082-11.abst-k.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-prakososig-34082-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bank XYZ merupakan salah satu Bank terbesar di Indonesia dengan nilai aset yang telah mencapai lebih dari Rp 500 Triliun dan tingkat pertumbuhan laba sekitar 15-20% per tahun. Guna mewujudkan visi dan misi perusahaan menjadi regional champion Bank dan menciptakan sustainable growth, Bank XYZ terus melakukan inovasi sehingga tercapai suatu economics of scale yang paling menguntungkan bagi perusahaan. Dalam rentang waktu 2010-2013, jumlah inisiatif strategis IT Bank XYZ lebih dari 100 inisiatif per tahun dengan total anggaran investasi mencapai lebih dari USD 100 Juta per tahun. Proses prioritisasi atau seleksi usulan dari unit kerja pengusul merupakan tahap yang krusial untuk (1) memastikan seluruh inisiatif yang diajukan telah sesuai dengan visi dan misi perusahaan, fokus manajemen dan anggaran, (2) mengeliminasi duplikasi inisiatif dan (3) meningkatkan sinergi antar unit kerja pengusul terutama terhadap inisiatif yang bersifat bankwide. Namun, dalam pelaksanaan proses prioritisasi tersebut terdapat isu antara lain mengenai (1) proses prioritisasi eksisting yang menyediakan ruang untuk negosiasi dengan waktu cukup lama, (2) strategic themes yang menggambarkan keterkaitan kuat strategi dan inisiatif belum terlihat dengan jelas, serta (3) studi kelayakan yang menentukan layak atau tidaknya masing-masing inisiatif strategis dari sudut pandang bisnis masih kurang memperoleh perhatian memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisa proses prioritisasi inisiatif strategis IT, serta (2) mengidentifikasi solusi yang feasible guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses prioritisasi pada Bank XYZ. Berdasarkan hasil analisa, proses prioritisasi yang dilakukan oleh Bank XYZ berjalan cukup baik, namun masih terdapat beberapa hal yang perlu segera dibenahi antara lain (1) kurangnya pemahaman masing-masing Unit Kerja mengenai inisiatif strategis, (2) belum diterapkannya strategic themes di setiap usulan inisiatif, (3) studi kelayakan masih sebatas usulan dari Unit Kerja bisnis dan belum komprehensif, (4) belum terdapat integrated PMO tools yang mengakomodasi business & technical requirement, dan (5) lemahnya aktivitas control & asessment terhadap asumsi dan kebutuhan baik business maupun technical aspect. Solusi yang diajukan dibagi dalam 2 kategori yaitu Quickwins Solutions dan Midterm Plan, namun mengingat bahwa analisa dilakukan melalui interview, penelitian dokumen, dan observasi langsung dengan time frame terbatas dan tunduk pada batasan informasi rahasia perusahaan, penerapan solusi baik Quickwins Solutions maupun Midterm Plan di Bank XYZ, agar dapat dikaji lebih dalam terutama mengenai penguatan aktivitas control & assessment dan implementasi end to end PMO tools.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. MM. 20-14 Pra p
Uncontrolled Keywords: prioritisasi, inisiatif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB522-715 Income. Factor shares
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
SIGIT PRAKOSO, 041043018 MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 14 Jun 2017 19:28
Last Modified: 14 Jun 2017 19:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39028
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item