PERANCANGAN STRATEGI PERUSAHAAN PADA PT. MITRA SETYA UTAMA DALAM UPAYA PENINGKATAN STRATEGI BERSAING

FANDY NATAHIWIDHA, 041214353007 (2014) PERANCANGAN STRATEGI PERUSAHAAN PADA PT. MITRA SETYA UTAMA DALAM UPAYA PENINGKATAN STRATEGI BERSAING. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-natahiwidh-34094-10.abst-k.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-natahiwidh-34094-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jasa konstruksi adalah sebuah sektor yang memegang peran penting dalam pembangunan Indonesia dan merupakan salah satu industri strategis. Peran bidang jasa konstruksi terutama pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan dinilai penting berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi negara. Pertumbuhan sektor konstruksi di Indonesia berada diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi dalam waktu 5 tahun terakhir. PT. Mitra Setya Utama (PT. MSU) adalah perusahaan badan usaha swasta yang bergerak dibidang pengerjaan konstruksi jalan dan jembatan yang berbasis di Jakarta. Perusahaan yang tergolong perusahaan kecil ini mulai mencuri perhatian didunia konstruksi jalan dan jembatan dengan Simultaneous Jacking System, suatu inovasi teknologi yang mereka lakukan dalam pengerjaan proyek lifting jembatan. Sampai saat ini PT.MSU belum memiliki suatu strategi bersaing untuk diaplikasikan dalam organisasinya sehingga dengan potensi yang dimiliki perusahaan, pencapaiannya dirasa masih belum optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi bersaing yang dapat di implementasikan pada PT. Mitra Setya Utama untuk dapat meraih keunggulan bersaing dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan analisis faktor eksternal dengan menggunakan analisis PEST dan analisis faktor internal dengan menggunakan VRIO sehingga dapat diketahui sumber daya perusahaan yang dapat menjadi kekuatan bersaing bagi PT.MSU. Peneliti kemudian mengkorelasikan hasil analisa faktor internal dan eksternal dengan matriks TOWS sehingga didapat suatu rancangan strategi bersaing untuk PT.MSU. Stategi perusahaan yang dapat diimplementasikan pada PT. Mitra Setya Utama dalam upaya meningkatkan strategi bersaing yaitu : (1) meningkatkan produksi peralatan SJS sehingga PT. MSU mampu mengerjakan lebih banyak proyek dalam satu waktu; (2) meningkatkan kemampuan teknisi melalui kerjasama dengan lembaga pengembangan jasa konstruksi terkait pelatihan – pelatihan teknik dan penggunaan teknologi terbaru pada pekerjaan jalan dan jembatan; (3) mengembangkan inovasi teknologi terbaru dibidang pekerjaan jalan dan jembatan untuk meningkatkan efisiensi biaya; (4) memperluas pasar dengan mengikuti tender pekerjaan proyek jalan dan jembatan di luar DKI Jakarta; (5) meningkatkan reputasi perusahaan dengan menjaga dan mengutamakan kualitas pekerjaan; (6) melindungi produk - produk inovasi yang dibuat dengan melakukan pendaftaran hak cipta atau paten; (7) melakukan kerjasama dengan perusahaan konstruksi besar sehingga PT. MSU dapat mengerjakan proyek bergengsi dengan modal minimal; (8) melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap sistem kontrol pengelolaan proyek secara berkala untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. MM. 32-14 Nat p
Uncontrolled Keywords: Road and bridge construction industry, competitive advantage, competitive strategy, strategy formulation, PEST analysis, resources and capabilities, VRIO framework, TOWS matrix.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FANDY NATAHIWIDHA, 041214353007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBasuki, Drs., M.Com(Hons)., Ph.D., Ak., CMAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Last Modified: 19 Aug 2016 02:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39039
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item