PERBAIKAN SISTEM SHOP FLOOR CONTROL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA DIVISI PRODUKSI PENGECORAN PT. BARATA INDONESIA (PERSERO)

DINAR NILAM SARI, 041214353055 MM (2014) PERBAIKAN SISTEM SHOP FLOOR CONTROL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA DIVISI PRODUKSI PENGECORAN PT. BARATA INDONESIA (PERSERO). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-saridinarn-34096-10.abst-k.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-saridinarn-34096-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan persaingan yang makin meningkat, suatu perusahaan dituntut untuk mampu memiliki keunggulan bersaing guna mempertahankan posisinya di tengah persaingan di dunia bisnis. PT. Barata Indonesia (Persero) yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang manufaktur, saat ini tengah berada pada persaingan guna memenuhi permintaan customer dan melalui Divisi Produksi Pengecoran berusaha untuk bersaing baik di pasar domestik maupun internasional. Walaupun dalam beberapa tahun terakhir Divisi Produksi Pengecoran memiliki hasil produksi yang terus meningkat, namun dihadapkan pada permasalahan tingkat keterlambatan yang tinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan perbaikan sistem Shop Floor Control (SFC) yang dapat meningkatkan produktivitas guna mengatasi permasalahan yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya permasalahan yaitu keterlambatan penyelesaian order serta melakukan perbaikan sistem Shop Floor Control (SFC) sebagai upaya peningkatan produktivitas pada Divisi Produksi Pengecoran PT. Barata Indonesia (Persero). Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif eksplanatori yang menjelaskan mengapa permasalahan dapat terjadi dan bagaimana memecahkan permasalahan tersebut. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, didapatkan hasil penelitian yaitu terdapat beberapa faktor penyebab permasalahan berdasarkan 5 segi cause and effect diagram, antara lain dari segi Man (Sumber Daya Manusia), Machines (Mesin yang digunakan), Methods (Metode Kerja), Materials (Bahan Baku yang digunakan), dan Environment (Lingkungan). Didapatkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap masalah keterlambatan adalah dari segi Man dan Methods. Berdasarkan faktor tersebut, kemudian disusun perbaikan sistem Shop Floor Control (SFC) antara lain dengan pembuatan master schedule, pembuatan jadwal standard, pembuatan jadwal produksi, pembuatan jadwal detail, loading workshop, loading mesin kritis, delivery control sheet, dan check kemajuan pekerjaan, serta dilakukan pengumpulan jam produkstif dan pembandingan dengan jam rencana, analisis jam non produktif, dan penurunan jam non produktif. Penerapan perbaikan sistem kerja SFC tersebut adalah sebagai upaya meningkatkan produktivitas pada Divisi Produksi Pengecoran. Sistem perbaikan SFC tersebut kemudian didukung data kuantitatif melalui pengujian simulasi menggunakan software Arena. Hasil pengujian membuktikan bahwa sistem rekomendasi perbaikan Shop Floor Control (SFC) memiliki jumlah output yang lebih besar dibandingkan sistem eksisting. Hal ini menunjukkan bahwa sistem perbaikan Shop Floor Control (SFC) dapat meningkatkan produktivitas pada Divisi Produksi Pengecoran PT. Barata Indonesia (Persero). Sebaiknya penerapan SFC juga disertai dengan melakukan sosialisasi kepada seluruh karyawan agar tercipta konsistensi pelaksanaanya dan dituangkan pada aturan baku perusahaan agar terdapat perbaikan sistem yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. MM. 34-14 Sar p
Uncontrolled Keywords: Productivity, Shop Floor Control, Simulation
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DINAR NILAM SARI, 041214353055 MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSuparno, Prof., Ir., MSIE., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 20 Jun 2017 17:20
Last Modified: 20 Jun 2017 17:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39041
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item