EVALUASI PROGRAM PEMASARAN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA

JULIET LIUNARDI, 041214353049 (2014) EVALUASI PROGRAM PEMASARAN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-liunardiju-34108-10.abst-k.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Kota Surabaya merupakan Rumah Sakit milik Pemerintah Kota Surabaya yang berdiri sejak 3 tahun yang lalu. Jumlah kunjungan pasien yang masih sangat rendah terutama rawat inap terutama disebabkan minimnya informasi mengenai kualitas rumah sakit. Penelitian ini untuk mengetahui kualitas implementasi program pemasaran yang selama ini dilaksanakan oleh RSUA, menganalisa kualitas sehingga mengetahui aspek mana yang selama ini menjadi keuggulan dan kelemahan dari sisi pengguna (pasien), masyarakat, serta informan (staf yang terlibat dalam RSUA). Setelah menganalisa kualitas pelayanan dilanjutkan dengan membuat program pengembangan dengan tahapan menyusun rencana pemasaran dilihat dari aspek marketing mix bidang jasa yang ditujukan untuk memperbaiki kinerja RSUA serta untuk memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana secara optimal untuk pengembangan rumah sakit setiap tahunnya guna menunjang pelayanan yang lebih baik. Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis. Proses analisa datanya merupakan penelitian kuantitatif dengan kuisioner yang disebarkan ke pasien dan ke masyarakat sekitar RS dan dengan dibantu dengan wawancara secara kualitatif dengan informan untuk mengetahui data internal rumah sakit. Responden penelitian ini adalah direksi, para staf dan pelaksana pelayanan rumah sakit serta masyarakat sekitar rumah sakit dan pasien rawat jalan serta rawat inap. Dari hasil penelitian didapat dari ke7 aspek marketing mix, aspek people, product dan physical evidence memiliki kualitas yang baik yang merupakan keunggulan RSUA, aspek lainnya yaitu place yang kurang strategis, price yang perlu dilakukan adjustment, process yang masih kurang maksimal, promotion yang masih minim. Diusulkan program perencanaan pengembangan yang sesuai dengan keadaan rumah sakit yang disusun berdasarkan analisa kekuatan dan kelemahan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. MM. 42-14 Liu e
Uncontrolled Keywords: RSUA, the quality of implementation of the marketing mix (Product, people, place, price, process, physical evidence, promotion), hospital development effortsda
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
JULIET LIUNARDI, 041214353049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSRI GUNAWAN, DBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 26 Oct 2016 18:17
Last Modified: 26 Oct 2016 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39053
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item