FORMULASI STRATEGI BISNIS PT. PACIFIC SAMUDRA PERKASA PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN BATUBARA METALURGIK DI INDONESIA

RANDY C. PRANOTO, 041214353076 (2014) FORMULASI STRATEGI BISNIS PT. PACIFIC SAMUDRA PERKASA PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN BATUBARA METALURGIK DI INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-pranotoran-34111-9.abstr-k.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
gdlhub-gdl-s2-2014-pranotoran-34111-9-Halaman-depan.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-pranotoran-34111-9-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
gdlhub-gdl-s2-2014-pranotoran-34111-9-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri pertambangan batubara metalurgik merupakan industri yang memiliki network effect yang tinggi dimana batubara metalurgik sangat dibutuhkan oleh produsen baja untuk mendukung proses pembentukan baja. Produk akhir baja sendiri pada akhirnya dibutuhkan oleh banyak industri terkait. PT. Pacific Samudra Perkasa sebagai perusahaan yang memiliki sejumlah konsesi tambang batubara metalurgik bermaksud untuk masuk dalam industri ini karena mengamati potensi profit yang cukup besar dalam situasi pasar batubara global yang mengalami penurunan beberapa tahun terakhir ini. Penyusunan strategi yang tepat guna bagi perusahaan untuk dapat masuk dan bertumbuh dengan cara mengoptimalkan sejumlah aset yang dimiliki demi mencapai keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dimana permasalahan manajemen dirumuskan dalam satu kerangka berpikir dan kemudian menarik suatu kesimpulan dari fakta yang ada di lapangan berdasarkan model penyusunan strategi perusahaan Hambrick & Fredrickson. Data yang dihimpun dari literatur, publikasi industri, kuesioner terbuka, dan wawancara manajemen perusahaan digunakan sebagai bahan untuk analisis penelitian ini. Hasil analisis industri ini menunjukkan bahwa struktur industri ini cukup unik dimana potensi keuntungan dimungkinkan cukup tinggi, namun daya tawar pembeli yang sangat kuat dan juga kesetimbangan dalam supply � demand global dapat menurunkan profitabilitas. Resiko finansial dan sejumlah ketidakpastian untuk masuk dalam industri ini sekaligus menjadi potential entrant perlu dipertimbangkan dengan seksama. Pilihan entry strategyyang dirumuskan oleh manajemen perusahaan untuk masuk dalam industri ini yaitu dengan melakukan aliansi strategis dengan equity alliance yang memungkinkan perusahaan untuk meminimalkan resiko investasi serta ketidak pastian bisnis pertambangan sekaligus menutup kelemahan dan kekurangan internal. Formulasi strategi perusahaan menurut kerangka diamond strategy menentukan bahwa perusahaan akan berprioritas melayani kebutuhan domestik, selanjutnya India dan Cina dengan kombinasi produk batubara metalurgik semi soft coking coal,PCI coal, dan antrasit berkualitas yang dimiliki. Skala produksi yang ditentukan yaitu 600 ribu metrik ton, dan meningkat hingga 1,3 juta metrik ton per tahun. Keunggulan biaya karena faktor lokasi dan efisiensi pemilihan teknik penambangan memungkinkan perusahaan menghasilkan margin keuntungan yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. MM. 45-14 Pra f
Uncontrolled Keywords: mining industry, metallurgical coal, Porter industry analysis, entry strategy, diamond strategy, strategic alliance, equity alliance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RANDY C. PRANOTO, 041214353076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHANDOKO SASMITO, F.A MBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 26 Oct 2016 18:04
Last Modified: 03 Jul 2017 21:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39056
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item