PERBANDINGAN EFEKTIFITAS KETAMIN ORAL DENGAN TRAMADOL ORAL SEBAGAI ANALGETIK PASKA OPERASI PADA PASIEN ANAK USIA 5-10 TAHUN YANG MENJALANI OPERASI ELEKTIF DI RSUD DR. SOETOMO

Herdiani Sulistyo Putri, dr (2014) PERBANDINGAN EFEKTIFITAS KETAMIN ORAL DENGAN TRAMADOL ORAL SEBAGAI ANALGETIK PASKA OPERASI PADA PASIEN ANAK USIA 5-10 TAHUN YANG MENJALANI OPERASI ELEKTIF DI RSUD DR. SOETOMO. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-putriherdi-34126-13.bab-p.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penanganan pembebasan nyeri adalah hak dasar manusia, tidak memandang usia. Sebagaimana diketahui, sejak lahir manusia dibekali dengan dua macam hak yang sifatnya mendasar, yaitu hak dasar sosial dan hak dasar individual. Hak dasar sosial adalah hak untuk mendapatkan perawatan kesehatan. Sedangkan hak dasar individual merupakan hak atas informasi (the right to information), dan hak untuk menentukan nasib sendiri (the right of self determination) (Pitono Soeparto dkk, 2006). Nyeri akut adalah salah satu efek umum yang dianggap sebagai stimulus pengalaman yang kurang menyenangkan oleh populasi pasien anak sebagai akibat dari operasi, penyakit yang diderita, luka ataupun prosedur medis yang perlu dilakukan. Nyeri dihubungkan dengan meningkatnya kecemasan, gejala somatik serta kecemasan orang tua dapat memberikan efek jangka panjang. Meskipun besarnya efek ini, nyeri akut yang dirasakan oleh pasien anak, biasanya sering dinilai dan diobati secara tidak adekuat (Walker, 2008).

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKA KK PPDS. AR. 12-14 Put p
Uncontrolled Keywords: Ketamin Oral, Tramadol Oral
Subjects: R Medicine
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Herdiani Sulistyo Putri, drUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorElizeusHanindito, DR. dr., Sp.An. KIC., KAPUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 26 Oct 2016 16:51
Last Modified: 05 Jun 2017 20:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39068
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item