PERAN FAKTOR ( SUMBER DAYA MANUSIA, PERALATAN, PROSEDUR) YANG MEMPENGARUHI LAMANYA WAKTU PERGANTIAN PASIEN DI RUANG OPERASI GBPT RSUD. DR. SOETOMO SURABAYA

Eka Gita Wahyudi, dr. (2014) PERAN FAKTOR ( SUMBER DAYA MANUSIA, PERALATAN, PROSEDUR) YANG MEMPENGARUHI LAMANYA WAKTU PERGANTIAN PASIEN DI RUANG OPERASI GBPT RSUD. DR. SOETOMO SURABAYA. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-wahyudieka-34131-6.abstr-n.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang Ruang operasi adalah salah satu garda terdepan pelayanan anestesi dan reanimasi pada pasien yang menjalani tindakan bedah elektif RSUD dr. Soetomo Surabaya. Selama bulan Januari 2014, kurang lebih tercatat sekitar 600 jumlah tindakan pembedahan yang membutuhkan tindakan anestesi di ruang operasi GBPT RSUD dr. Soetomo Surabaya dan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pergantian pasien di ruang operasi tersebut ada yang mencapai 45 menit sampai dengan 60 menit untuk tiap-tiap ruang operasi hal ini jauh lebih lama dibandingkan data yang dikumpulkan di 31 rumah sakit di USA, waktu pergantian pasien/turn over interval time terbaik di ruang operasi rata-rata kurang dari 25 menit. Selama ini kita belum memiliki data yang akurat dan memuaskan mengenai lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pergantian pasien di ruang operasi (turn over time) serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi lamanya waktu tersebut di GBPT RSUD Dr. Soetomo Surabaya Metode Penelitian Penelitian dilakukan secara deskriptif observasional dengan mencatat data dari rekam medis pasien dan mengisi lembar pengumpulan data selama pasien berada di ruang operasi GBPT RSUD dr. Soetomo., selanjutnya hasil penelitian yang diperoleh dilakukan uji analisis statistik dengan program SPSS. Hasil Penelitian proses pergantian pasien yang dihitung sejak pasien pertama keluar dan pasien kedua memasuki ruang operasi membutuhkan waktu selama 34,30 menit. Untuk lama waktu pergantian pasien di ruang operasi bila dihitung sejak pasien pertama keluar dari ruang operasi kemudian di kirim ke ruang pulih sadar sampai dengan pasien kedua masuk dan dinduksi di ruang operasi yang sama, didapatkan data 47,13 menit. Kesimpulan lama waktu pergantian pasien di ruang operasi GBPT yang dihitung sejak pasien pertama keluar sampai pasien kedua diinduksi adalah 47,13 menit, terpaut 22,13 menit lebih lama dari waktu ideal, bila dihitung sejak pasien pertama keluar dan pasien kedua masuk maka kita membutuhkan waktu 34,30 menit yang hal ini berarti 9,30 menit lebih lama bila dibandingkan dengan lama waktu yang disebutkan dalam literatur yang berkisar 25 menit.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKA KK PPDS. AR. 11-14 Wah p
Uncontrolled Keywords: Lama waktu pergantian pasien, lama waktu pengiriman pasien, lama waktu tunggu pre anestesi, lama waktu bangun sampai ekstubasi, lama waktu keluar ruang operasi, lama waktu pembersihan ruang operasi, lama waktu pembersihan, lama persiapan instrumen, lama waktu persiapan anestesi.
Subjects: R Medicine
R Medicine > RD Surgery
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Eka Gita Wahyudi, dr.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBambang Pujo Semedi, dr. SpAn KICUNSPECIFIED
ContributorPuger Rahardjo, , dr. Sp.An KIC KAKVUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 26 Oct 2016 16:35
Last Modified: 26 Oct 2016 16:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39073
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item