PERLINDUNGAN HUKUM PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PEMBEBANAN FIDUSIA PADA BANK SULTRA KENDARI

IIN JUINAR, 031224153102 (2014) PERLINDUNGAN HUKUM PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PEMBEBANAN FIDUSIA PADA BANK SULTRA KENDARI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-juinariin-34169-4.abstr-k.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul �Perlindungan Hukum Para Pihak Dalam Perjanjian Pembebanan Fidusia Pada Bank Sultra Kendari�. Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum para pihak dalam perjanjian jaminan Fidusia, untuk menganalisis upaya penyelesaiannya Bank Sultra apabila terjadi pihak debitur wanprestasi. Di dalam penulisan tesis ini, penulis menggunakan metode penelitianhukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan komparatif (comparative approach). Sumber bahan hukum dalam penulisan tesis adalah bahan hukum primer yang berupa peraturanperundang-undangan, serta bahan hukum sekunder yang diperoleh dari buku-buku teks,kamus hukum, dan sember lainnya yang mendukung terkait dengan permasalahan yang diteliti. Kemudian data tersebut di analisis dengan metode inventarisasi dan kategorisasi guna memperoleh gambaran sinkronisasi dari semua bahan hukum. Hasil yang diperoleh dalam penulisan tesis ini menunjukkan bahwa pelaksanaan perlindungan hukum bagi kreditur dan debitur dalam suatu perjanjian jaminan fidusia lahir pembuatan Atau pembebanan jaminan fidusia yang dibuat secara notariil, dan terus dipertegas dengan pendaftaran dari akta perjanjian tersebut, UUJF telah berupaya memberikan suatu teknis perlindungan bagi kepentingan kreditur. Upaya yang dilakukan oleh PT Bank Sultra dalam hal mengatasi debitur yang wanpretasi adalah dengan melakukan upaya penyelamatan kredit, hal ini dirasa sangat penting bagi bank untuk menghidari terjadinya kredit macet yang dapat mempengaruhi tingkat kesehatan bank.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH 69/14 Jui p
Uncontrolled Keywords: Protection, the Parties, the Agreement, Fiduciary, Southeast Sulawesi bank.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
IIN JUINAR, 031224153102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Shomad, Prof. Dr. Drs., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 26 Oct 2016 16:12
Last Modified: 26 Oct 2016 16:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item