ANALISIS POLA KARAKTERISTIK SUARA DALAM KASUS FORENSIK

DEDY PRASETYO, 091044001 (2014) ANALISIS POLA KARAKTERISTIK SUARA DALAM KASUS FORENSIK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-prasetyode-34210-6.abstr-k.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder5_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis pola karakteristik suara mempunyai peranan yang penting dalam bidang forensik karena dapat digunakan untuk menyelesaikan kasus-kasus tindak pidana dalam rangka menegakkan hukum dan keadilan pada Sistem Peradilan Pidana. Penelitian ini merupakan suatu upaya untuk menganalisis pola karakteristik suara dengan membandingkan suatu rekaman suara yang tidak dikenal pengucapnya (unknown) terhadap suara dua orang subjek yang telah dikenal (known A dan known B) untuk menentukan persamaan atau perbedaannya. Dalam menguji hipotesis penelitian, teknik analisis yang digunakan berdasarkan karakteristik akustik suara, antara lain : analisis spectrogram, analisis statistik pitch, analisis statistik formant dan analisis statistik formant bandwidth. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian adalah pola spectrogram unknown identik dengan known A. Berdasarkan kriteria pengujian statistik dengan = 0,05, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata frekuensi pitch, formant, dan formant bandwidth antara suara unknown dengan suara known A dan terdapat perbedaan yang signifikan antara suara unknown dengan suara known B, sehingga pengucap suara unknown tersebut teridentifikasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK. TIF. 01-14 Pra a
Uncontrolled Keywords: forensic, identified unknown, known.
Subjects: R Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1001-1171 Forensic medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
DEDY PRASETYO, 091044001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuhariningsih, Prof. Dr. Ir.UNSPECIFIED
Thesis advisorAhmad Yudianto, Dr. dr., M.Kes., Sp.F., S.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 26 Oct 2016 19:17
Last Modified: 05 Jun 2017 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39096
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item