DIMENSI RESPONSIVENESS PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BIMA

SAHRUL, 071142018 (2014) DIMENSI RESPONSIVENESS PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BIMA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-sahrul-34266-8.abstr-k.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mendeskripsikan daya tanggap pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bima, sebagai penyedia layanan dalam memberikan pelayanan dokumen penduduk kepada pengguna layanan (masyarakat) dengan cepat, tepat, dan cermat. Selain itu daya tanggap dapat dilihat berdasarkan akses, kesopanan dan komunikasi, sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat, dalam mewujudkan kualitas pelayanan publik baik. Metode yang gunakan dalam penelitian ini, adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan Informan utama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kepala seksi, staf pelayanan serta masyarakat pengguna layanan. Pada tahap pembahasan, peneliti melakukan analisis pelaksanaan responsiveness, dengan menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan. Penelitian ini menyimpulkan, bahwa responsiveness (daya tanggap) pegawai terhadap pelayanan dokumen penduduk (KK,KTP, Akta Catatan Sipil dan Surat Keterangan Pindah), pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bima. Dilihat dari indikator kecepatan, proses pengurusan dokumen penduduk tersebut sudah dilakukan dengan cepat. Namun, dokumen tersebut tidak boleh langsung diambil, karena Dinas Kependudukan dan pencacatan sipil membuat peraturan bahwa lama penerbitan dokumen penduduk adalah 14 hari. Hal tersebut menyebabkan daya tangap pegawai belum dilakukan dengan tepat. Selanjutnya pegawai dinilai kurang cermat dalam memberikan pelayanan karena sering terjadi kesalahan verifikasi dan input pada dokumen penduduk. Setelah itu dilihat dari indikator akses, yang berkaitan dengan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan akses pada pegawai, dinilai kurang, karena masih terjadi sikap diskriminasi dalam memberikan pelayanan. Selebihnya pegawai telah memberikan pelayanan dengan sopan dan komunikasi yang baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. TPS. 09-14 Sah d
Uncontrolled Keywords: Responsiveness, Quality of Service, Dimension.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsEmail
SAHRUL, 071142018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
ContributorBudi Prasetyo, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 27 Oct 2016 19:42
Last Modified: 27 Oct 2016 19:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39122
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item