IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT TIRTA BAHAGIA (STUDI KASUS PADA DESA LEMAHBANG KABUPATEN PASURUAN)

ANGGARA PRIHARDANA, 071142009 (2014) IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT TIRTA BAHAGIA (STUDI KASUS PADA DESA LEMAHBANG KABUPATEN PASURUAN). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-prihardana-34268-8.abstr-k.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sesuai pasal 74 undang-undang No. 40 tahun 2007 dan pedoman umum GCG Indonesia dari Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) bab IV-D yang membahas tentang kegiatan sosial, mewajibkan perusahaan untuk melaksanakan kegiatan sosial (CSR). Meskipun telah banyak perusahaan yang sudah menerapkan CSR, namun tidak semua dari perusahaan tersebut berhasil melakukannya dengan tepat. Salah satu penyebab dari kegagalan tersebut adalah adanya kesalahan yang terjadi pada alur pelaksanaan program CSR yang dimulai dari tahapan perencanaan hingga evaluasi. Faktor lain yang turut berpengaruh adalah peranan SDM yang terlibat di dalamnya, karena SDM merupakan penopang utama dalam pencapaian tujuan dalam program CSR. Sebagai salah satu badan usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), PT Tirta Bahagia mempunyai kewajiban hukum untuk menjalankan program CSR. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, ada beberapa program yang justru tidak menyentuh inti dari permasalahan yang ada sehingga bisa dikatakan kurang tepat sasaran, salah satunya adalah program pengadaan sumur resapan di Desa Lemahbang Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Informan utama (kunci) dalam penelitian ini adalah Ketua tim pelaksana kegiatan sosial PT Tirta Bahagia beserta Kepala Desa Lemahbang. Sedangkan informan lainnya adalah 3 (tiga) orang anggota tim dari perusahaan, dan 1 (orang) dari pihak perwakilan masyarakat desa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan program CSR yang selama ini telah dijalankan oleh PT Tirta Bahagia belum sesuai dengan konsep dan teori yang ada, baik mulai tahap perencanaan hingga tahap evaluasi. Mayoritas program CSR yang dijalankan oleh perusahaan dilakukan dengan pola self-managing atau melalui pihak internal perusahaan, akan tetapi dikarenakan SDM yang terlibat sangat terbatas dan tidak memiliki kompetensi ataupun keahlian yang memadai, sehingga menyebabkan terjadinya beberapa kesalahan yang menjadikan program kegiatan CSR yang dijalankan oleh PT Tirta Bahagia menjadi tidak tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. TPS. 10-14 Pri i
Uncontrolled Keywords: CSR, implementation, implementation problem, case study
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works > AC801-895 Inaugural and program dissertations
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsEmail
ANGGARA PRIHARDANA, 071142009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 27 Oct 2016 19:29
Last Modified: 27 Oct 2016 19:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39123
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item