KONSUMSI DAN MAKNA RADIO KOMUNITAS BAGI PEDAGANG TROPODO SIDOARJO

Encik Savira Isnah, 121214153022 (2014) KONSUMSI DAN MAKNA RADIO KOMUNITAS BAGI PEDAGANG TROPODO SIDOARJO. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-isnahencik-34350-6.abstr-k.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di Tropodo Kecamatan Waru Sidoarjo para pedagangnya ternyata lebih memilih mendengarkan radio komunitas dibandingkan melihat televise dalam kesehariannya. Selain sebagai sarana hiburan, radio komunitas merupakan sarana berkumpul sesama pedagang. Bagi mereka radio komunitas merupakan rumah dan alat praktek communal mobility. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana rasa komunal tersebut sampai ke pedagang melalui radio komunitas dengan cara mengetahui bagaimana radio komunitas dikonsumsi dan dimaknai oleh para pedagang dalam keseharian mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan bantuan teori konsumsi milik Baudrillard dan komunitas terbayang Benedict Anderson. Teori ini membantu peneliti untuk menemukan pola konsumsi dan makna radio komunitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang, dengan kriteria pedagang yang mendengarkan radio komunitas dalam kurun waktu dua tahun dan merupakan penduduk asli Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang mengalami proses konsumsi dan pemaknaan yang bertahap. Diawali dengan ketertarikan, kemudian mendapati kebutuhan akan hiburan, informasi dan komunikasi. Mendengarkan radio komunitas sudah menjadi gaya hidup para pedagang, sebab bagi mereka radio komunitas memberikan yang mereka butuhkan tanpa kehilanngan waktu untuk berdagang. Pedagang memaknai radio komunitas sebagai sarana yang menyuburkan rasa kebersamaan (komunal) mereka sebagai pedagang yang senasib melalui acara, bahasa pengantar siaran, lagu-lagu yang diputar yang merupakan karaoke para pedagang dan interaksi on air via telepon atau pesan singkat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. TKSB. 21-14 Isn k
Uncontrolled Keywords: radio komunitas, pedagang, konsumsi, makna, rasa komunal
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Magister Kajian Sastra dan Ilmu Budaya
Creators:
CreatorsEmail
Encik Savira Isnah, 121214153022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDiah Ariani Arimbi, Ph.D.UNSPECIFIED
ContributorMaimunah, M.Hum, M.A.UNSPECIFIED
ContributorDiah Ariani Arimbi, Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 27 Oct 2016 19:02
Last Modified: 27 Oct 2016 19:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39133
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item