PENGARUH KITOSAN TERHADAP JUMLAH OSTEOKLAS DAN OSTEOBLAS PADA TIKUS GALUR WISTAR MODEL MENOPAUS (PENELITIAN EKSPERIMEN LABORATORIS)

Mohamad Nur, NIM011214153022 (2014) PENGARUH KITOSAN TERHADAP JUMLAH OSTEOKLAS DAN OSTEOBLAS PADA TIKUS GALUR WISTAR MODEL MENOPAUS (PENELITIAN EKSPERIMEN LABORATORIS). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-nurmohamad-34578-8.abstr-k.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa pemberian kitosan mempengaruhi penurunan jumlahosteoklas dan peningkatan jumlah osteoblas pada tikus putih betina galur Wistar model menopaus yang dilakukan ovarektomi Penelitian ini menggunakan rancangan posttest only control group design.Total sampel 30 ekor tikus dibagi menjadi tigakelompok secara acak, dibuat osteoporosis dengan model menopaus yangdilakukan ovarektomipada kelompok kontrol positif dan kelompok perlakuan yang kemudian pada kelompok perlakuan diberi ektrak kitosan dosis tunggal 45 mg/hari melaluisonde / Nasogastric Tube(NGT). K1 merupakan kelompok kontrol negatif (tanpa dilakukan ovarektomi dan tanpa kitosan),K2 merupakan kelompok kontrol positif (dengan ovarektomi tanpa kitosan), K3 merupakan kelompok perlakuan (dengan dilakukan ovarektomi dan pemberian kitosan45 mg/hari). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada jumlah osteoblas antara K1 dengan K3, K2 dengan K3,dan perbedaan tidak bermakna di temukan pada kelompok K1 dengan K2. Sedangkan pada jumlah osteoklas hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada kelompok K1dengan K2 dan perbedaan tidak bermakna ditemukanpada kelompokK1 dengan K3, K2 dengan K3. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan pemberian kitosan dosis 45 mg//hari dapat meningkatkan jumlah osteoblas secara bermakna pada tikus putih betina model menopaus dan menurunkan jumlah osteoklas yang dilakukan ovarektomi dengan pemberian kitosan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK. TKD. 14-14 Nur p
Uncontrolled Keywords: Chitosan, menopause, number of osteoclasts, osteoblasts number
Subjects: R Medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Mohamad Nur, NIM011214153022NIM011214153022
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGuritno, Dr. M. S., dr., SMHS, DEAUNSPECIFIED
Thesis advisorPaulus Liben, Prof. Dr., dr., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 27 Oct 2016 18:07
Last Modified: 27 Oct 2016 18:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39149
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item