PENGARUH PEMBERIAN ANTIMALARIA HERBA SAMBILOTO (Andrographis paniculata Nees) TERHADAP PERKEMBANGAN STADIUM DAN PERUBAHAN MORFOLOGI PARASIT Plasmodium falciparum

ERIKA MARIA RESI, NIM011141012 (2014) PENGARUH PEMBERIAN ANTIMALARIA HERBA SAMBILOTO (Andrographis paniculata Nees) TERHADAP PERKEMBANGAN STADIUM DAN PERUBAHAN MORFOLOGI PARASIT Plasmodium falciparum. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-resierikam-34574-6.ringk-n.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Timbulnya resistensi Plasmodium yang menyerang manusia terhadap Artemisinin menambah kesulitan pemberantasan malaria. Oleh karena itu perlu mencari obat antimalaria baru yang berasal dari bahan alam maupun sintesis selain vaksin yang belum berhasil. Hasil fraksinasi atau isolasi ekstrak etanol herba sambiloto (Andrographis paniculata Nees) diperoleh ekstrak etanol 96%, ekstrak etanol deklorofil dan senyawa andrografolida yang merupakan zat aktif utama dari herba sambiloto yang termasuk dalam golongan lakton. Uji aktivitas antimalaria dari ekstrak etanol dan senyawa andrografolida terhadap Plasmodium falciparum secara in vitro menunjukkan bahwa senyawa andrografolida dikatakan memiliki aktivitas aktif sebagai antimalaria nilai IC50 sebesar 0,220 μg/ml dibanding ekstrak etanol 96% dan ekstrak etanol deklorofil yang mempunyai aktivitas baik-sedang. Uji efek antimalaria herba sambiloto (Andrographis paniculata Nees) terhadap perkembangan stadium dan morfologi parasit P. falciparum secara in vitro menunjukkan bahwa terdapat hambatan perkembangan stadium parasit pada stadium tropozoit dan stadium skizon dan menyebabkan parasit tumbuh dengan morfologi yang abnormal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa antimalaria herba sambiloto (Andrographis paniculata Nees) dikatakan mempunyai aktivitas aktif sebagai antimalaria secara in vitro untuk senyawa andrografolida dan aktivitas baiksedang untuk ekstrak etanol 96% dan ekstrak etanol deklorofil, menyebabkan penundaan atau hambatan perkembangan stadium pada stadium tropozoit dan skizon serta menyebabkan parasit tumbuh dengan morfologi yang abnormal. Oleh karena itu antimalaria herba sambiloto dalam berpotensi digunakan sebagai obat antimalaria baru yang bersifat skizontosida darah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK. TKD. 18-14 Res p
Uncontrolled Keywords: bitter herbs, antimalarial activity, the development stage, the morphology of the parasites
Subjects: R Medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran Dasar
Creators:
CreatorsNIM
ERIKA MARIA RESI, NIM011141012NIM011141012
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorINDAH S TANTULAR, dr. M.Kes., Ph.D., Sp.ParkUNSPECIFIED
Thesis advisorAty WidyawaruyantiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 27 Oct 2016 17:51
Last Modified: 27 Oct 2016 17:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39153
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item