KONTRIBUSI PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DALAM RANGKA PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH (Studi Kasus Di Kabupaten Tana Tidung)

USMAN, 091144011 (2013) KONTRIBUSI PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DALAM RANGKA PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH (Studi Kasus Di Kabupaten Tana Tidung). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-usman-34693-9.abstr-k(2).pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Di Kabupaten Tana Tidung). Penelitian ini bersifat socio legal research, difokuskan pada dua masalah yaitu: 1. Perumusan Kebijakan tentang pajak daerah dan retribusi daerah setelah diUndangkannya Undang-Undang 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusis daerah. 2. Kendala dan solusi dalam rangka mengantisi belum terbentuknya perda tentang pajak dan retribusi daerah. Komponen pajak daerah dalam kurun waktu TA 2009� 2012 belum terlihat kontribusinya. Sedangkan pendapatan yang berasal dari komponen retribusi daerah, pada kurun waktu yang sama, juga belum memberikan kontribusi untuk pendapatan asli daerah. Kendala utamanya adalah belum ada perda yang disyahkan terkait pajak dan retribusi daerah. Kontribusi Pendapatan Asli daerah hanya diperoleh dari komponen pendapatan lain-lain yang sah. Untuk meningkatkan kontribusi penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah terhadap total penerimaan Pendapatan Asli Daerah dan sekaligus memperbesar kontribusinya terhadap APBD Pemda Kabupaten Tana Tidung perlu segera dibuatkan payung hukum pemungutan jenis-jenis pajak daerah dan retribusi daerah.Kemudian dilakukan ekstensifikasi dengan jalan memberlakukan jenis pajak dan retribusi baru sesuai dengan kondisi dan potensi yang ada.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. THPb. 18-14 Usm k
Uncontrolled Keywords: Revenue, Local Autonomy, Local Taxes, Levies and Revenue and Expenditure Budget.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K4430-4675 Public finance
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
USMAN, 091144011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSARWIRINI, Dr. SH., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 27 Oct 2016 19:56
Last Modified: 27 Oct 2016 19:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39187
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item