PERANCANGAN STRATEGY MAP DAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI STRATEGI PERUSAHAAN DAN INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN PADA PT SKN DI SURABAYA

SHERLINA VELANSI, 041214353058 (2014) PERANCANGAN STRATEGY MAP DAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI STRATEGI PERUSAHAAN DAN INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN PADA PT SKN DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-velansishe-34964-6.abstr-k.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder30.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pesatnya perkembangan bisnis konstruksi di Indonesia membuat perusahaan yang berhubungan dengan industri ini ikut berkembang, salah satunya perusahaan kontraktor. Peningkatan jumlah kontraktor memicu persaingan ketat untuk mendapatkan proyek antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. PT Sekar Kedaton Nusantara (SKN) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang General Contractor and Trading berskala nasional dengan kualifikasi golongan usaha besar atau gred 7. Dalam perjalanannya berbagai proyek telah ditangani PT SKN baik proyek dari sektor pemerintah maupun sektor swasta. Persaingan yang ketat dalam mendapatkan proyek antara perusahan kontraktor satu dengan yang lainnya menyebabkan perusahaan kontraktor saling bersaing dalam memberikan penawaran harga yang rendah untuk memenangkan tender. Dengan penawaran harga yang sangat kompetitif, perusahaan harus melakukan efektivitas dan efisiensi dalam proses produksinya agar mencapai tingkat perolehan profit yang optimal. Agar dapat terus berkompetisi, dibutuhkan suatu alat manajerial yang dapat membantu untuk merumuskan strategi perusahaan yang selaras dengan visi, misi dan tujuan perusahaan yang dapat diterjemahkan kedalam tindakan operasional secara jelas dan terukur pencapaiannya. Di samping itu strategi perusahaan dalam tingkat implementasinya dapat difungsikan sebagai instrumen pengukuran kinerja manajemen yang tujuannya selain untuk mengetahui tingkat efektivitas dari penerapan strategi itu sendiri, juga untuk mengendalikan kinerja manajemen serta meminimalkan potensi penyimpangan yang ada. Balanced Scorecard (BSC) dengan Strategy Map merupakan strategic management tool yang diperkenalkan oleh Kaplan & Norton yang menyediakan kerangka untuk menerjemahkan strategi ke dalam tindakan operasional yang yang diklasifikasikan kedalam empat perspektif yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif proses pembelajaran dan pertumbuhan. Masing-masing perspektif ini memiliki sasaran strategis yang terukur pencapaiannya melalui Key Performance Indicator (KPI). Hubungan kausalitas antar sasaran strategis digambarkan pada Strategy Map. Dengan mengimplememntasikan Balanced Scorecard, diharapkan selain tercapainya akurasi target optimal perusahaan secara keseluruhan, juga dapat terdeteksinya potensi-potensi deviasi yang ada, sehingga dapat dilakukan tindakan antisipasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 53/14 Vel p
Uncontrolled Keywords: Vision, Mission, Strategy, Balanced Scorecard, Strategy Map, Key Performance Indicator.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SHERLINA VELANSI, 041214353058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNOORLAILY FITDIARINI, Dr. SE., MBA., Ak., CMA., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 27 Oct 2016 19:51
Last Modified: 27 Oct 2016 19:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39193
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item