PERLINDUNGAN HUKUM PEMEGANG HAK ATAS TANAH YANG DIPEROLEH DARI PEMECAHAN (Analisis Putusan Mahkamah Agung Nomor 63 K/TUN/2011)

MAURIST NOVRIYAN BUSEL, 031142169 (2013) PERLINDUNGAN HUKUM PEMEGANG HAK ATAS TANAH YANG DIPEROLEH DARI PEMECAHAN (Analisis Putusan Mahkamah Agung Nomor 63 K/TUN/2011). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-buselmauri-34983-3.abstr-i.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hak atas tanah terdiri dari hak milik, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pakai, hak sewa, hak membuka tanah dan hak memungut hasil hutan sebagaimana ditentukan dalam Pasal 16 Undang-Undang Pokok Agraria. Pemerintah melalui PP No. 24 Tahun 1997 mengharuskan pendaftaran atas hak atas tanah dengan tujuan agar pemegang hak atas tanah tersebut mempunyai perlindungan hukum. Tesis ini memfokuskan pada perlindungan hukum pemegang hak atas tanah yang diperoleh dari pemecahan, suatu analisis putusan Mahkamah Agung Nomor 63 K/TUN/2011. Hasil yang didapat dalam pembahasan ini adalah bahwa akibat hukum dari hak atas tanah yang kepemilikannya dibatalkan oleh Kantor Pertanahan Kota/Kabupaten, pemegang hak atas tanah secara yuridis tidak berhak lagi atas tanah tersebut. Pembatalan sertipikat hak atas tanah tersebut didasarkan pada putusan Pengadilan yang dilaksanakan oleh Badan Pertanahan Nasional. Timin sebagai pewaris atas tanah, setelah diadakan pembatalan hak atas tanah tersebut tidak mempengaruhi status bidang tanah sebagai tanah hak milik. Pemegang hak atas tanah yang diperoleh dari pemecahan hak atas tanah seharusnya memperoleh perlindungan hukum sebagaimana dimaksud oleh ketentuan pasal 48 ayat (1) PP No. 24 Tahun 1997 dan telah terbit sertipikat hak atas tanah sebagai surat bukti pemegang hak atas tanah yang kuat. Pembatalan oleh Mahkamah Agung, sebenarnya kesalahan terletak pada Pejabat Pembuat Akta Tanah yang membuat akta jual beli, padahal sertipikat masih atas nama orang lain (Timin).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 121/13 Bus p
Uncontrolled Keywords: Land rights, land registration, legal protection
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
MAURIST NOVRIYAN BUSEL, 031142169UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSRI WINARSIH, Dr. S.H., MHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 27 Oct 2016 20:51
Last Modified: 27 Oct 2016 20:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39201
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item