PEMANFAATAN ASET PEMERINTAH DAERAH MELALUI MEKANISME PERJANJIAN BANGUN GUNA SERAH (Analisis Perjanjian Bangun Guna Serah (BOT) antara Pemda Sulawesi Tenggara dengan PT.Mitra Anda Sukses Bersama)

I NENGAH SUARYO, 031224153113 (2014) PEMANFAATAN ASET PEMERINTAH DAERAH MELALUI MEKANISME PERJANJIAN BANGUN GUNA SERAH (Analisis Perjanjian Bangun Guna Serah (BOT) antara Pemda Sulawesi Tenggara dengan PT.Mitra Anda Sukses Bersama). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-suaryoinen-35165-3.abstr-k.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder33.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanfaatan Aset Daerah (tanah) di lakukan dengan cara mengalihkan hak atas tanah yang dikuasai oleh pemerintah kepada pihak investor untuk di manfaatkan sebagai pembangunan fasilitas-fasilitas umum yang dapat menunjang pembangun di suatu daerah. Sulawesi Tenggara adalah merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Salah satu wilayah yang akan di kembangkan adalah Kota Kendari sebagai ibu kota dari Provinsi Sulawesi Tenggara Pembangunan fasilitas umum dalam rangka meningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Sulawesi Tenggara dilakukan oleh Pemerintah Provinsi melalui suatu perjanjian kerjasama dengan perusahaan (investor) untuk membangun pusat perbelanjaan. Adapun perjanjian kerjasama yang dimaksud adalah Perjanjian Bangun Guna Serah. Dalam Perjanjian Bangun Guna Serah, Gubernur Sulawesi Tenggara menjadi salah satu pihak yang terikat dalam perjanjian tersebut, sedangkan pihak lainnya adalah dari perusahaan PT. Mitra Anda Sukses Bersama. Perjanjian yang dibuat oleh para pihak dalam Bangun Guna Serah tetap tunduk pada aturanaturan yang berlaku dalam Burgelijk Wetboek (BW) dan secara khusus tunduk pada beberapa peraturan perundang-undangan yang berlaku misalnya Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara / Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Tekhnis Pengelolaan Barang Barang Daerah, Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. Perjanjian Bangun Guna Serah melahirkan hak dan kewajiban bagi para pihak yang merupakan perwujudan dari bentuk hubungan hukum private yang dibuat dalam perjanjian tersebut. Salah satu bentuk hak dan kewajiban para pihak dalam Perjanjian Bangun Guna Serah adalah pembayaran sejumlah uang dan penggantianGedung Pramuka dan Gedung KNPI kepada pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara setelah PT. Mitra Anda Sukses Bersama memperoleh hak atas tanah yang digunakan untuk kegiatan usahanya. Wanprestasi adalah merupakan bentuk pelanggaran terhadap isi Perjanjian Bangun Guna Serah yang dibuat oleh Gubernur Sulawesi Tenggara dengan PT. Mitra Anda Sukses Bersama. Akibat terjadinya wanprestasi maka salah satu pihak akan bertanggung gugat sehingga pihak tersebut akan memberikan ganti rugi kepada pihak yang dilanggar haknya. Adapun mekanisme penyelesaian sengketa dalam Perjanjian Bangun Guna Serah yang telah dibuat oleh para pihak dapat menggunakan cara Penyelesaian melalui musyawarah (non litigasi) dan melalui lembaga peradilan (litigasi)

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH 87/14 Sua p
Uncontrolled Keywords: Utilization, Regional Assets, Build Operate and Transfer
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
I NENGAH SUARYO, 031224153113UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAGUS YUDHA HERNOKO, Prof. Dr. S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 27 Oct 2016 21:07
Last Modified: 27 Oct 2016 21:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39210
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item