HUBUNGAN GENOTIPE VIRUS HEPATITIS C (VHC) DENGAN VIROLOGICAL RESPONSE (VR) PADA PASIEN DENGAN INFEKSI VIRUS HEPATITIS C KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM DR. SAIFUL ANWAR MALANG

HENDRA KURNIAWAN, NIM011142006 (2014) HUBUNGAN GENOTIPE VIRUS HEPATITIS C (VHC) DENGAN VIROLOGICAL RESPONSE (VR) PADA PASIEN DENGAN INFEKSI VIRUS HEPATITIS C KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM DR. SAIFUL ANWAR MALANG. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABTSRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-kurniawanh-35313-4.abst-k.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hepatitis C merupakan salah satu dari 10 penyebab utama kematian di dunia. Menurut data WHO (2013) sekitar 3% atau 150 juta orang di dunia terinfeksi Virus Hepatitis C (VHC). Genotipe-genotipe yang berbeda mempunyai perbedaan distribusi geografi. Keberagaman genetik virus hepatitis C (VHC) memiliki implikasi diagnostik dan respon terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan genotipe VHC dengan virological response (VR) pada pasien dengan infeksi VHC kronik di Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang. Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang menderita hepatitis C kronik yang memenuhi kriteria inklusi sejumlah 25 pasien. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chi square. Distribusi genotipe VHC pada pasien dengan infeksi VHC kronik didapatkan genotipe 1 sebanyak 17 pasien (68%) dan genotipe 2 / 3 sebanyak 8 (32%) dari total 25 pasien. Sustained Virological Response (SVR) dalam penelitian ini didapatkan sebanyak 16 (64%) pasien, sedangkan NVR/TVR (Non Virological Response)/(Transient Virological Response) didapatkan sebanyak 9 (36%) pasien. Tidak ada hubungan antara genotipe virus hepatitis C dengan virological response (VR) pada pasien dengan infeksi virus Hepatitis C kronik di Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang yang ditandai dengan nilai p yang yang didapat pada penelitian ini adalah 0,093 (p > 0,05). Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pada penelitian selanjutnya jumlah sampel lebih banyak untuk memperoleh hasil yang lebih akurat serta perlu dilakukan penelitian lanjutan berdasarkan jenis gen inang (polimorfisme interleukin-28B) dan gen virus (ISDR & IRRDR) pada pasien dengan infeksi VHC kronik untuk mengetahui prediksi respon terapi terhadap PEG-interferon dan ribavirin.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKT.04/14 Kur h
Uncontrolled Keywords: Infeksi VHC; Genotipe; Virological response; Malang-Indonesia
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
HENDRA KURNIAWAN, NIM011142006NIM011142006
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJUNIASTUTI, Dr. dr. M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 27 Oct 2016 20:46
Last Modified: 27 Oct 2016 20:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39235
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item