STRATEGI PEMASARAN BANK SYARIAH PADA BANK BRI SYARIAH WILAYAH SURABAYA

NEYSA YUSYRIFANTI, 0441146002 (2014) STRATEGI PEMASARAN BANK SYARIAH PADA BANK BRI SYARIAH WILAYAH SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-yusyrifant-35336-7.abst-k.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perbankan syariah pada beberapa tahun belakangan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat menyebabkan terjadinya persaingan antar bank syariah. Bank syariah harus melakukan berbagai strategi dan upaya pembaharuan untuk dapat menjadi pemain utama pada segmennya, sehingga dapat menjadi preferensi utama pelanggan. Bank syariah terus berusaha melakukan inovasiinovasi terhadap suatu produk dan jasa yang menjadi pendukung utama keberhasilan perusahaan untuk tetap dapat tumbuh dalam persaingan antar bank syariah, terutama dalam hal pangsa pasar dan pertumbuhan pasar. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah metode studi kasus yang bersifat eksplanatoris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dijalankan oleh Bank BRISyariah KC Surabaya Gubeng dalam menghadapi persaingan yang dianalisis menggunakan BCG Matriks, dimana menggunakan pangsa pasar relatif dan pertumbuhan pasar yang dilihat dari jumlah aset, DPK, pembiayaan, dan porsi pembiayaan sektor UMKM yang diperoleh bank syariah tersebut untuk mengetahui posisi BCG Matriks Bank BRISyariah dan strategi pemasaran yang digunakan apakah sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini dilakukan sebagai bahan evaluasi dari strategi yang telah dilakukan oleh bank BRISyariah KC Surabaya Gubeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang digunakan oleh BRISyariah adalah strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk, sehingga posisi matrik BCG untuk aset, DPK dan pembiayaan bank BRISyariah KC Surabaya Gubeng berada pada kuadran I yaitu question marks. Sedangkan untuk porsi pembiayaan UMKM berada pada kuadran II yaitu stars. Strategi yang dijalankan oleh BRISyariah KC Surabya Gubeng dapat meningkatkan pangsa pasar dan pertumbuhan pasar yang dilihat dari jumlah aset, DPK, pembiayaan dan porsi pembiayaan pada sektor UMKM meningkat meskipun masih relatif rendah dibandingkan pesaing utamanya akan tetapi masih tetap bertahan dan tumbuh walaupun banyak bank syariah bermunculan. Bahkan, terdapat kemungkinan BRISyariah akan berada pada kuadran II yaitu stars untuk aset, DPK dan pembiayaannya dengan segala kekuatan yang dimiliki oleh BRISyariah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSEI.03/14 Yus s
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bank BRISyariah, Pangsa Pasar, Pertumbuhan Pasar, dan Matriks BCG
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM
NEYSA YUSYRIFANTI, 0441146002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Nafik, Dr. S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 28 Oct 2016 22:10
Last Modified: 28 Oct 2016 22:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item