Pembangunan Pelabuhan Teluk Lamong Di Kawasan Strategis Provinsi Jawa Timur Di Kota Surabaya

RIAN FALAH HANDOYO, 071214453008 (2015) Pembangunan Pelabuhan Teluk Lamong Di Kawasan Strategis Provinsi Jawa Timur Di Kota Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-handoyoria-36105-6.abst-k.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan suatu daerah dipengaruhi oleh proses pembangunan yang memunculkan perubahan struktur perkotaan. Implikasi perubahan struktur perkotaan akan melahirkan masalah sosial pada masyarakat yang tinggal di kota tersebut. Dalam kenyataannya, kompleksitas permasalahan tersebut menyebabkan pemerintah kota kesulitan dalam menangani masyarakatnya. Surabaya sebagai kota industri terbesar kedua setelah ibukota Jakarta, tak dapat dipungkiri Surabaya membutuhkan keberadaan pelabuhan sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal. Apalagi secara umum Indonesia sangat bergantung kepada pola perdagangan lewat laut dibandingkan lewat udara dan darat. Saat ini di Surabaya telah ada Pelabuhan Tanjung Perak yang memberikan jasa aktivitas kepelabuhan tersebut. Namun seiring dengan perkembangan industri di Surabaya dan sekitarnya yang tentu saja diikuti dengan pertambahan arus barang, keberadaan Pelabuhan Tanjung Perak yang dirasakan sudah tidak memadai lagi. Pembangunan Terminal Teluk Lamong termasuk dalam Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) khususnya pada koridor Jawa. Dengan pembangunan dan pengoperasian Terminal Teluk Lamong, diharapkan dapat mengurangi waktu tunggu kapal di Pelabuhan Tanjung Perak selaku pintu gerbang perekonomian Jawa Timur dan Kawasan Indonesia Timur. Teori rezim yang memberikan substansial bagaimana memahami berbagai respon terhadap perubahan lingkup perkotaan. Penekanannya pada saling ketergantungan antara pihak pemerintah dan non-pemerintah dalam memfokuskan tantangan ekonomi dan sosial pada masalah kerjasama dan koordinasi antara aktor-aktor pemerintah dan non-pemerintah. Pembangunan Terminal Teluk Lamong ditujukan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia yang berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Agenda kebijakan Nasional melalui Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang mendukung pembangunan Pelabuhan Teluk Lamong tersebut dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Di dalam penelitian ini menggunakan teori konflik, dan elit dengan memakai beberapa konsep, antara lain : Pelabuhan Teluk Lamong, Kawasan Strategi, Urban Regime. Penelitian untuk penentuan informan menggunakan teknik sampling, yaitu snowball sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Kawasan Strategi yang ada di Kota Surabaya yang mendukung perdagangan dan perindustrian Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP.06/15 Han p
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan Teluk Lamong, Kawasan Strategi, Urban Regime
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF125 Cities. Urban geography
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT170-178 Urban renewal. Urban redevelopment
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIAN FALAH HANDOYO, 071214453008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSiti Aminah, Dr., Dra., M.A.UNSPECIFIED
ContributorWisnu Pramutanto P, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 19 Oct 2016 02:02
Last Modified: 19 Oct 2016 02:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39314
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item