PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN POLITIK TERHADAP ELEKTABILITAS CAPRES 2014 PADA PEMILIH PEMULA

FARIDA HANUM SETIAWAN, 071314453002 (2014) PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN POLITIK TERHADAP ELEKTABILITAS CAPRES 2014 PADA PEMILIH PEMULA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-setiawanfa-36127-7.abstr-k.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan adanya fenomena penurunan elektabilitas calon presiden yang telah diunggulkan untuk memenangkan pemilihan presiden 2014 dan meningkatnya elektabilitas calon presiden pesaingnya menjelang pelaksanaan pemilihan umum presiden 2014. Tantangan yang dihadapi oleh calon presiden yang bersaing dalam pemilihan umum adalah selalu berusaha untuk mendapatkan cara terbaik dalam perebutan simpati di benak pemilihnya agar memperoleh elektabilitas yang tinggi untuk mendapatkan suara terbanyak sehingga menjadi pemenang pada pemilihan umum. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengkomunikasikan pada masyarakat pemilih melalui kampanye politik dengan menggunakan iklan media. Iklan media cenderung dapat menarik simpati masyarakat masyarakat agar calon presiden mendapat elektabilitas yang tinggi, oleh karena itu kampanye politik dengan cara beriklan melalui media dituntut efektif agar memberi pengaruh positif terhadap keputusan memberikan suara dengan mencoblos calon presiden pada pemilihan umum. Untuk meningkatkan elektabilitas calon presiden yaitu dengan merancang iklan yang berkualitas dan efektif agar dapat menarik perhatian pemilih sehingga dapat memberikan suaranya pada pemilihan umum presiden. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji korelasi dan meramalkan pengaruh efektifitas iklan media terhadap elektabilitas calon presiden 2014 pada pemilih pemula. Dimana keefektivan iklan itu meliputi kreatifitas iklan, daya tarik iklan dan kredibilitas bintang iklan. Penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment Pearson, dan analisis regresi sederhana. Populasi yang digunakan adalah murid di lembaga bimbingan belajar PRIVAT Surabaya yang masuk kriteria pemilih pemula, sedangkan sampelnya digunakan 100 responden yang diperoleh dari tehnik sampling acak sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektifitas iklan media berpengaruh positif dan signifikan terhadap elektabilitas calon presiden 2014 pada pemilih pemula.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MPPL 01/15 Set p
Uncontrolled Keywords: Creativity of advertising, attractiveness of advertising, the credibility Of advertising, Effectiveness of advertising media, elektability presidential candidate, beginner voters (first- time votes).
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
FARIDA HANUM SETIAWAN, 071314453002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDwi Windyastuti, Dr. Dra., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 19 Oct 2016 02:25
Last Modified: 19 Oct 2016 02:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39316
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item