DEMOKRASI DAN PARTISIPASI WARGANEGARA:PARTISIPASI POLITIK AKTIVIS KADER LINGKUNGAN KELURAHAN JAMBANGAN DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DAN KEBERSIHAN DI KOTA SURABAYA

Maya Mustika Kartika Sari, 071144012 (2015) DEMOKRASI DAN PARTISIPASI WARGANEGARA:PARTISIPASI POLITIK AKTIVIS KADER LINGKUNGAN KELURAHAN JAMBANGAN DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DAN KEBERSIHAN DI KOTA SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-sarimayamu-36343-5.abstr-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji proses munculnya partisipasi politik warganegara dalam mekanisme masyarakat yang demokratis. Khususnya masalah kepentingan dan bagaimana partisipasi politik kader lingkungan di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dengan teknik observasi partisipan dan wawancara mendalam. Lokasi penelitian di Kelurahan Jambangan kota Surabaya dengan melibatkan enam orang informan. Kajian teori yang dijadikan sebagai acuan adalah teori-teori gerakan masyarakat politik baru, partisipasi politik publik, civil society dan kajian tentang kepentingan politik. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa kepentingan politik yang diperjuangkan kelompok kader lingkungan meliputi kepentingan imajiner dan nyata. Kepentingan imajiner berangkat dari ide-ide ideal sedangkan kepentingan nyata terkait akses ekonomi dan penguatan ikatan sosial yang dirasakan. Kepentingan politik kader lingkungan didasarkan pada kepentingan yang bersifat individual, yang didasarkan pada preferensi pribadi dan preferensi sosial. Keseimbangan kedua preferensi tersebut yang nmemunculkan kepentingan. Dalam arena politik publik, kader lingkungan menempatkan dirinya bukan hanya sebagai subtitutor namun juga juga sebagai komplementer dalam pelayanan publik. Akan tetapi, peran kekuatan penekan tidak ditujukan pada negara melainkan ditujukan pada kinerja pejabat tingkat lokal sebagai aparatur negara. Mode utama dalam konteks politik yang yang diciptakan adalah ide dan aktivitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP 07/15 Sar d
Uncontrolled Keywords: Democracy,Participation,Civil Society
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Maya Mustika Kartika Sari, 071144012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBudi Prasetyo, Prof. Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
ContributorKris Nugroho, Dr., Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 21 Oct 2016 17:21
Last Modified: 21 Oct 2016 17:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39340
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item