FORMULASI STRATEGI PEMASARAN PT.XYZ - PENGEMBANG PERUMAHAN DI KOTA MALANG

Gayatri Purbaningsih, 041214353060 (2015) FORMULASI STRATEGI PEMASARAN PT.XYZ - PENGEMBANG PERUMAHAN DI KOTA MALANG. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-purbanings-36448-6.abst-k.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
21.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara terpadat di dunia. Dengan jumlah penduduk kurang lebih 250 juta jiwa sehingga menempati posisi ke 4 di dunia dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 3.45% pada tahun 2013. Maka dari itu penduduk Indonesia memiliki kebutuhan yang cukup tinggi. Salah satu kebutuhan utamanya adalah tempat tinggal. Terutama di kota-kota di pulau Jawa, salah satunya di Kota Malang. Menyebabkan kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat pula. Berdasarkan data dari BPS kota Malang, kota Malang pertumbuhan untuk sektor properti terus meningkat seiring dengan bertambahnya laju penduduk di kota Malang. Oleh karena itu, banyak pengembang perumahan masuk ke Kota Malang, salah satunya adalah PT XYZ. PT XYZ adalah pengembang perumahan dengan mengedepankan konsep ramah lingkungan. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah pada pemasaran sehingga penjualan rumah mereka menurun. Antara realita dengan rencana terjadi perbedaan yang sangat berbeda. Dikarenakan PT XYZ belum memiliki strategi pemasaran, sehingga diperlukan formulasi strategi pemasaran untuk menunjang penjualan mereka hingga optimal. Untuk melakukan penelitian yang bersifat kualitatif ini, peneliti menggunakan data primer yang di dapat dari wawancara dengan 11 orang responden eksternal dan 11 responden internal yaitu pembeli rumah dari PT XYZ. Dengan teknik accindental sampling dan dengan wawancara semi terstruktur dan dilakukan secara mendalam diharapkan hasil wawancara dapat member masukan berharga dalam penyusunan strategi pemasaran. Serta data sekunder yang didapat dari literature dan data dari perusahaan dan data penunjang lainnya. Untuk memformulasikan strategi pemasaran pada PT XYZ, menggunakan analisa analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) yang kemudian hasil dari analisa tersebut untuk menyusun Marketing Plan menggunakan analisis bauran pemasaran.Dengan langkah awal analisis internal dan analisis eksternal. Dari penelitian tersebut ditetapkan target pasar dari PT XYZ adalah pegawai negeri mupun swasta yang mencari rumah baik untuk ditempati sendiri atau dijadikan tempat usaha/investasi. Strategi distribusi vertical perlu diterapkan untuk pertimbangan efisiensi biaya dan jaringan luas. Dan untuk strategi promosi baiknya melakukan Push & Pull Promotion Strategy dan untuk menekan biaya promosi dapat dilakukan Cooperative Promotion, yaitu strategi beriklan bersama pesaing.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM.10/15 Pur f
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, PT XYZ Pengembang Perumahan Di Kota Malang, Strategi Distribusi, dan Strategi Promosi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Gayatri Purbaningsih, 041214353060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIndrianawati Usman, Dr., SE., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 10 Oct 2016 11:53
Last Modified: 10 Oct 2016 11:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39361
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item