PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Staf Penelitian dan Pengembangan Usaha PTPN XI (Persero)

FAJRI NUR HIDAYAT, 041141072 (2015) PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Staf Penelitian dan Pengembangan Usaha PTPN XI (Persero). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-hidayatfaj-36581-4.abstr-k.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan PTPN XI dihadapkan pada situasi perubahan yang besar diantaranya perubahan iklim makro, penurunan kesuburan tanah, liberalisasi perdagangan, dan kebebasan petani untuk mengusahakan komoditas tanaman pangan menurut asas profitable. Dalam upayanya mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya perubahan struktural mendasar bagi perusahaan PTPN XI dalam hal ini perubahan struktural bagian penelitian dan pengembangan usaha. agar mampu menjadi instrument vital dalam organisasi, merupakan tempat orang pilihan terbaik yang berkontribusi terhadap kemajuan perusahaan. Suatu sistem penilaian kinerja yang baik harus bisa menampung berbagai tantangan eksternal yang dihadapi oleh para karyawan, terutama yang mempunyai dampak kuat terhadap pelaksanaan tugasnya. Tidak dapat disangkal bahwa berbagai situasi yang dihadapi oleh seseorang di luar pekerjaannya, seperti masalah keluarga, keadaan keuangan, tanggung jawab sosial dan berbagai masalah pribadi lainnya pasti berpengaruh terhadap kinerja seseorang. Sistem penilaian tersebut harus memungkinkan para karyawan untuk mengemukakan berbagai masalah yang dihadapinya itu. Berdasarkan berbagai kajian tentang kinerja karyawan maka dapat dijelaskan pentingnya pengelolaan SDM perusahaan sehingga harus mampu memahami karakter Sumber Daya Manusia terutama yang berhubungan dengan faktor-faktor SDM yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan antara lain iklim organisasi dan motivasi kerja. Untuk menguji permasalahan tersebut, kuisioner disebarkan pada 35 staf bidang penelitian dan pengembangan usaha PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero). Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Dengan demikian iklim organisasi yang baik akan menyebabkan karyawan meningkatkan kinerja. Iklim organisasi yang baik dan senantiasa berorientasi hubungan pekerjaan dalam membentuk perilaku karyawan bisa memotivasi karyawan sehingga akan menghasilkan kinerja optimal karyawan dalam bekerja. Atas dasar hasil penelitian ini, saran manajerial Iklim Organisasi yang diterapkan di PTPN XI (Persero) Staf Penelitian dan Pengembangan Usaha hendaknya lebih diperjelas lagi, yaitu mengarah pada terbentuknya departemen reasearch and development. Meningkatkan motivasi kerja pegawai dengan jalan tidak mengabaikan hak dan kepentingan pegawai yang bersangkutan. Dibentuknya perencanaan penelitian jangka panjang dan jangka pendek, serta memberikan dukungan sepenuhnya seluruh staf PPU dalam melakukan upaya diseminasi teknologi seluruh unit usaha PTPN XI.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM 19/15 Hid p
Uncontrolled Keywords: organizational climate, motivation, performance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FAJRI NUR HIDAYAT, 041141072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHj. Dwi Ratmawati, Dr., SE., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 18 Oct 2016 01:45
Last Modified: 18 Oct 2016 01:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39381
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item