ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. SRIWIJAYA AIR UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING BERKELANJUTAN

Yusnida Abdul Rahman, 041143064 (2015) ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. SRIWIJAYA AIR UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING BERKELANJUTAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-rahmanyusn-36614-4.abstr-k.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
49.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan industri penerbangan semakin pesat selama 10 tahun terakhir dengan tingkat pertumbuhan di Asia Pasifik sebesar 6,8% lebih besar dibanding Amerika Utara dan Eropa sebesar 3,0% dan 6,1%. ASEAN open sky policy yang akan segera diberlakukan pada tahun 2016, menuntut semua maskapai di Asia Tenggara khususnya Indonesia yang memiliki potensi pasar domestik yang cukup besar dengan kondisi geografis negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara. Tingginya persaingan yang dipicu oleh banyaknya pesaing yang melayani rute yang relative sama, membuat setiap operator penerbangan harus menerapkan strategi yang tepat dalam memenangkan persaingan. Permasalahan yang dipicu oleh tutupnya beberapa maskapai beberapa tahun terakhir, khususnya Batavia Air yang memiliki rekam jejak keselamatan penerbangan yang sangat baik (zero accident) dan mampu meraih pasar yang signifikan untuk penerbangan Domestik dan Internasional menjadi tolak ukur bagi Sriwijaya Air untuk meningkatkan daya saing yang tinggi dan berkelanjutan hingga masa yang akan datang. Penelitian yang diolah berdasarkan pendekatan kualitatif eksploratoris ini memudahkan peneliti untuk menggali informasi internal tentang implementasi strategi yang sedang atau akan dilaksanakan, serta bagaimana cara bersaing serta evaluasi strategi dengan menggunakan Five Forces Porter, SWOT analisi, Competitive Profile Matrix dan Four Action Framework untuk meningkatkan pelayanan dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan standar layanan yang baik namun mengedepankan tingkat keselamatan penumpang. Dalam penelitian ini saran dan rekomendasi yang diberikan adalah, melakukan penambahan armada yang signifikan serta menggali rute-rute potensial, melakukan promosi untuk meningkatkan brand awareness, serta memperluas pasar dengan membidik segmen premium class.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 42/15 Rah a
Uncontrolled Keywords: Sustainable Competitive Advantage, Porter's Five Forces Model, SWOT Analysis, Competitive Profile Matrix, Four Action Framework.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Yusnida Abdul Rahman, 041143064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 18 Oct 2016 06:51
Last Modified: 18 Oct 2016 06:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39391
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item