FORMULASI PROGRAM PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK PRODUK ASURANSI EKSPOR PADA PT. ASURANSI EKSPOR INDONESIA(PERSERO)CABANG SURABAYA STUDI KASUS : PRODUK ASURANSI EKSPOR PT. ASURANSI EKSPOR INDONESIA(PERSERO) CABANG SURABAYA

DEWI RHOSSIKA, 041043133 (2015) FORMULASI PROGRAM PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK PRODUK ASURANSI EKSPOR PADA PT. ASURANSI EKSPOR INDONESIA(PERSERO)CABANG SURABAYA STUDI KASUS : PRODUK ASURANSI EKSPOR PT. ASURANSI EKSPOR INDONESIA(PERSERO) CABANG SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-rhossikade-36813-5.abstr-k.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
18. 39402-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Asuransi Ekspor Indonesia (Persero) atau yang lebih dikenal dengan nama Asei merupakan Badan Usaha Milik Negara yang berdiri sejak tahun 1985. Asei didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 111982 tentang "Pelaksanaan Ekspor, Impor dan Lalu Lintas Devisa "dan sebagai Komitmen pemerintah dalam mendorong ekspor non migas melalui produk Asuransi Ekspor. Asei juga telah dikenal kiprahnya di dunia Internasional dengan menjadi salah satu anggota Bernie Union sejak tahun 1992 yakni suatu asosiasi Eksport Credit Agency (ECA ) dunia yang bergerak dibidang Asuransi Ekspor, Asuransi Kredit dan investasi. Semakin tumbuhnya usaha perasuransian dan dinamik kebutuhan pasar, asei telah mengembangkan lini usahanya dengan menyediakan produkproduk asuransi kerugian lainnya selain produk Asuransi Ekspor diantaranya asuransi Kredit, Asuransi Kerugian Umum, Penjaminan dan Asuransi Syariah . Dengan demikian dapat dikatakan bahwa produk yang dimiliki oleh Asei adalah paling lengkap diantara sesama pelaku asuransi lainnya. Asei cabang Surabaya merupakan salah satu Kantor Cabang tertua yang memiliki kontribusi premi terbesar terhadap produk Asuransi Ekspor. Produk Asuransi Ekspor di Asei Cabang Surabaya belum dapat memasuki pasar pelaku ekspor khususnya di Jawa Timur secara maksimal, hal tersebut terlihat dari tingkat jumlah pemegang polis yang hanya rata-rata di bawah 30 pemegang polis dalam setiap tahunnya, padahal produk tersebut hanya dimiliki oleh Asei diantara produk asuransi kerugian yang dimiliki perusahaan asuransi lainnya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui alasan terhadap kebutuhan eksportir khususnya Jawa Timur terhadap ketertarikan dan penggunaan produk Asuransi Ekspor serta membuat rencana pemasaran agar produk Asuransi Ekspor dapat menjadi unggul dipasar konsumen eksportir di Jawa Timur. Landasan teori yang digunakan pada penelitian ini yakni ruang lingkup pemasaran terutama industri jasa , analisis SWOT yang kemudian dihubungkan dengan marketing mix atau Bauran Pemasaran(7P) yang meliputi Product, People, Price, Place, Promotion, Process, Physical Evidence. Dari penggabungan tersebut digunakan menyusun suatu program perencanaan pemasaran (Marketing Plan) untuk lebih mengenalkan dan menawarkan produk Asuransi Ekspor terutama kepada Eksportir Jawa Timur dengan harapan para pelaku ekspor mengenal dan tertarik membeli produk Asuransi Ekspor. Penelitian ini merupakan suatu studi kasus sehingga jenis riset pemasaran yang digunakan yaitu riset eksploratif (expolatory research) dengan metode penelitian kualitatif . Dengan penelitian ini diharapkan para pelaku eksportir khususnya di Jawa Timur akan mengenal dan menggunakan produk Asuransi Ekspor sebagai suatu kebutuhan kegiatan ekspor yang dilakukan dan bagi Asei Cabang Surabaya dapat meningkatkan penjualan polis produk Asuransi Ekspor serta sebagai upaya memunculkan image Asei sebagai Asuransi yang menyediakan kebutuhan proteksi akan kegiatan ekspor dari sebelum pengapalan hingga pembayaran pembeli sesuai kebutuhan ekportir.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 47/15 Rho f
Uncontrolled Keywords: SWOT Analysis, Marketing Mix, Marketing Plan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DEWI RHOSSIKA, 041043133UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Gunawan, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 06 Oct 2016 01:44
Last Modified: 26 Jul 2017 18:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39402
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item