FORMULASI STRATEGI PT SURYAGITA NUSARAYA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN KEBERLANGSUNGANNYA SEBAGAI ENTITAS BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN SPACE MATRIX

DINAR SURYO LESMONO, 041043140 (2014) FORMULASI STRATEGI PT SURYAGITA NUSARAYA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN KEBERLANGSUNGANNYA SEBAGAI ENTITAS BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN SPACE MATRIX. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-lesmonodin-36728-5.abstr-k.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
13.pdf
Restricted to Registered users only until 18 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan yang terjadi pada industri freight forwarding di Indonesia saat ini semakin ketat, seluruh pemain saling berlomba memberikan pelayanan terbaik untuk mengurus semua kegiatan yang diperlukan bagi terlaksananya pengiriman dan penerimaan barang melalui jalur tranportasi darat, laut, dan udara. Semakin kompleksnya tuntutan pelanggan dalam menyelesaikan permasalahan pengiriman barang dari hulu ke hilir yang tidak hanya berfungsi sebagai penghubung antara pengirim dan penerima barang, akan memberikan tantangan tersendiri bagi para pemain di dalam industri freight forwarding. PT Suryagita Nusaraya merupakan perusahaan yang ikut meramaikan persaingan industri freight forwarding di Indonesia. Kondisi persaingan yang sangat ketat membuat perusahaan sulit mencapai keuntungan yang diharapkan untuk terus bertumbuh dan cenderung statis setiap tahunnya. Tidak adanya perencanaan strategi jangka panjang yang matang dan hanya memfokuskan kepada hal teknis dan operasional yang bersifat jangka pendek merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi perusahaan. PT Suryagita Nusaraya harus menyadari untuk segera mengubah kondisinya menjadi lebih kompetitif dalam industri dan lingkungan yang dinamis. Penelitian ini bertujuan memformulasikan strategi yang tepat agar dapat menjamin keberlangsungan perusahaan melalui keunggulan bersaing. Peneliti menggunakan metode SPACE (Strategic Position and Action Evaluation) untuk mengetahui postur strategik perusahaan saat ini dan strategi apa yang dapat diambil perusahaan guna menjamin keberlangsungannya sebagai entitas bisnis. Dari tabulasi data dihasilkan nilai -1.26 untuk dimensi competitive advantage, 4.21 untuk dimensi financial strength, -1.43 untuk dimensi environmental stability, dan 3.8 untuk dimensi industry strength. Postur strategik yang dihasilkan adalah aggressive. Dari perhitungan super SPACE, seluruh faktor dari setiap dimensi memiliki tingkat harapan yang tinggi untuk tetap dipertahankan di masa yang akan datang. Berdasarkan SPACE maka strategi yang sesuai dengan postur strategik agresif PT Suryagita Nusaraya adalah strategi generik overall cost leadership. Sesuai dengan kapabilitas yang dimiliki perusahaan saat ini maka strategi yang harus diterapkan oleh perusahaan agar strategi bisnis overall cost leadership perusahaan dapat tercapai adalah dengan melakukan strategi concentration atau market penetration.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM.55/17 Les f
Uncontrolled Keywords: freight forwarding industry, competitive advantage, SPACE, strategic posture, business strategic
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DINAR SURYO LESMONO, 041043140UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorF.A. Handoko Sasmito, MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 03 Oct 2016 11:28
Last Modified: 18 Mar 2019 03:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39418
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item