STRATEGIC FIT SUPPLY CHAINDALAM INDUSTRI PENGOLAHAN MERICA BUBUK STUDI KASUS PT. MOTASA INDONESIA

GALIH FEBRIANTO, 041214353038-MM (2015) STRATEGIC FIT SUPPLY CHAINDALAM INDUSTRI PENGOLAHAN MERICA BUBUK STUDI KASUS PT. MOTASA INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-febriantog-36764-5.abstr-k.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text (BAB 4-7)
BAB 4-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 1-2)
BAB 1-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan dunia industri manufaktur di Indonesia yang semakin pesat tantangan yang dihadapi masing-masing pelaku industri juga semakin berat. Dimana perusahaan dituntut untuk selalu memenuhi kebutuhan pelanggan barns melakukan integrasi terhadap seluruh jaringan supply chain dimulai dari proses dari pembelian bahan baku proses produksi sehingga menjadi produk jadi dan dapat didistribusikan sampai customer akhir. Ketika perusahaan menghadapi tekanan dari kelebihan persedi~ biaya produksi meningkat ketika profit perusahaan men~ hal ini dapat. disebabkan oleh supply chain yang tidak terkontrol. Pada sisi lain ketika perusahaan mulai memasuki pasar baru atau teknologi terkini, diperlukan persiapan supply chain untuk menghadapi tantangan dan kesempatan dalam industri usaha tersebut. Hal ini diperlukan agar bisa menentukan arah perbaikan untuk menciptakan kemampuan bersaing. Sebuah perusahaan dapat gagal dikarenakan melakukan strategi yang kurang cocok dan tidak dapat memanfaatkan sumber daya dalam melakukan proses produksi dan distribusi sebingga kurang memberikan kemampuan optimal untuk menjalankan strategi yang diinginkan. Konsistensi antara strategi prioritas pelanggan dengan kemampuan supply chain ditentukan oleh strategi supply chain. Supply chain strategy memiliki arti yang lebih luas, mendefinisikan bagaimana supply chain harus beropersi untuk berkompetisi. Suatu perusahaan bisa mengalami kegagalan karena tidak dapat mengetahui karakteristik secara mendetail mengenai produk, pasar serta supply chain yang mendasari. Ketika strategi bisnis menentukan semua arah yang diinginkan organisasi, Supply chain strategy mengarahkan bagaimana operasi dan perkembangan supply chain secara spesifik sesuai pada tujuan supply chain perusahaan. strategic fit supply chain yang diperoleh dari pemetaan karakteristik produk dan pasar dan karakteristik supply bahan baku akan menentukan strategi apa yang dapat sesuai digunakan oleh perusahaan sebingga kekurangan yang ada pada supply chain dapat diminimalkan dan meningkatkan kompetensi dengan menghasilkan kinerja supply chain yang lebih baik The research results show that PT. Motasa Indonesia secara tidak langsung telah menerapkan strategi supply chain khususnya dalam pembelian bahan baku berupa pembelian biji lada melalui kelompok-kelompok petani sampai dengan proses distribusi. Sesuai dengan karakteristik produk dan pasar yang fungsional serta karakteristik supply yang stable, Strategy yang cocok untuk PT. Motasa Indonesia ialah efficient supply chain.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 34/15 Feb s
Uncontrolled Keywords: Strategic Fit, Product & Market Characteristic, Supply Characteristic,supply chain
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GALIH FEBRIANTO, 041214353038-MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIndrianawati Usman, Dr., SE., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 03 Oct 2016 11:49
Last Modified: 25 Jul 2017 20:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39425
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item