PENGARUH MEDIA DAN TERPAAN IKLAN TERHADAP PERSEPSI ANAK MUDA MENGENAI BANK SYARIAH

ARDIANINDA WISDA (2015) PENGARUH MEDIA DAN TERPAAN IKLAN TERHADAP PERSEPSI ANAK MUDA MENGENAI BANK SYARIAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (202kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2023.

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2023.

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL PENELITIAN)
7. BAB 4 HASIL TEMUAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2023.

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (PEMBAHASAN)
8. BAB 5 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2023.

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
9. BAB 6 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2023.

Download (112kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan dunia yang begitu cepat saat ini telah memaksa produsen dan para pemasar berpikir keras untuk dapat tetap eksis. Konsumen sebagai pengguna produk semakin pandai dalam memilih produk yang disukai dengan membandingkan satu produk dengan produk yang lain yang sejenis, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Bank sebagai lembaga keuangan yang menghasilkan jasa keuangan tidak terkecuali juga ikut terkena dampak perubahan tersebut. Sekarang ini, bank syariah sudah banyak berdiri di Indonesia. Namun bank syariah masih belum begitu populer di kalangan anak muda. Persepsi masyarakat terhadap bank syariah adalah hal urgent yang harus diperhatikan dalam rangka mengukur, merencanakan, dan menerapkan strategi pengembangan bank syariah di bidang apapun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa teori, yaitu Teori proses selekif. Teori ini menjelaskan bahwa masyarakat melakukan suatu proses seleksi sehingga masyarakatlah yang secara selektif menentukan, efek apa yang mereka ingin dapatkan dari informasi yang diberikan oleh media. Daiwan (dalam Jurnal Sanusi dkk, 2014:235) sepakat bahwa aturan utama dari periklanan adalah �to inform potential buyers of the problem-solving utility of a firm�s market offering, with the objective of developing consumer preferences for a particular product�. Peneliti mengambil media lini atas sebagai fokus penelitiannya, yaitu media cetak (surat kabar dan majalah), media elektronik (radio dan televisi), dan media luar ruang (billboard dan angkutan umum). Teori advertising exposure (Batra dkk dalam Pratomo, 2008:8) apabila konsumen terkena terpaan iklan, maka akan tercipta perasaan dan sikap tertentu terhadap merk yang kemudian akan menggerakkan konsumen untuk membeli sebuah produk. Persepsi merupakan proses dimana individu memilih, mengorganisasi, dan menginterpretasi apa yang dibayangkan tentang dunia di sekelilingnya (Liliweri, 2011:153). Persepsi setiap orang juga berbeda-beda sesuai dengan makna yang dia berikan kepada orang lain atau peristiwa tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian korelasional. Jenis penelitian survey. Tipe penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga. Sampel penelitian sebanyak 85 orang. Penelitian ini memiliki 2 variabel independen (Jenis Media dan Terpaan Iklan), serta 1 variabel dependen (Persepsi Anak Muda mengenai Bank Syariah). Pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan melalui wawancara dengan responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linear berganda menunjukkan adanya pengaruh antara media dan terpaan iklan terhadap persepsi anak muda mengenai bank syariah, dibuktikan dengan standar koefisien beta sebesar 0,722. Hasil Uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (8,173 > 3,108). Hasil dari signifikansi dapat diketahui bahwa 0,001 < 0,05. Hasil uji t untuk X1 diketahui nilai thitung > ttabel (2,064 > - 1,989) dan signifikansi (0,042 < 0,05), maka jenis media berpengaruh terhadap persepsi anak muda mengenai bank syariah. Hasil uji t untuk X2 diketahui nilai �ttabel < thitung (-1,989 < -0,974) dan signifikansi (0,333 > 0,05), maka terpaan iklan tidak berpengaruh terhadap persepsi anak muda mengenai bank syariah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.19/15 Wis p
Uncontrolled Keywords: jenis media, terpaan iklan, persepsi anak muda,bank syariah.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ARDIANINDA WISDANIM071214853011
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHenri Subiakto, Dr. Drs., S.H., M.Si.NIDN0029036204
Thesis advisorIndro Kirono, Drs. Ec., M.MNIDN-
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 03 Oct 2016 09:36
Last Modified: 06 Apr 2020 09:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39444
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item