DESAIN STRUKTUR ORGANISASI DAN BEBAN KERJA PADA PT SETIALIM GUNUNG SARI

NOVI HALIM, 041143012 (2015) DESAIN STRUKTUR ORGANISASI DAN BEBAN KERJA PADA PT SETIALIM GUNUNG SARI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-halimnovi-36868-11.abst-k.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Setialim Gunung Sari merupakan perusahaan tekstil keluarga yang berada di Driyorejo Gresik. Perusahaan manufaktur yang bergerak pada industri pertenunan ini memproduksi dan memperdagangkan kain selimut, kain pel, kasa, dan lap. Pada saat ini perusahaan sedang melakukan perencanaan terhadap berbagai macam kebutuhan organisasi, termasuk kebutuhan dalam bidang Sumber Daya Manusia dengan tujuan membuat manajemen perusahaan menjadi lebih profesional. Perusahaan saat ini masih belum memiliki struktur organisasi yang selaras dengan visi misi serta rencana strategis perusahaan, kemudian perusahaan juga belum memiliki perencanaan SDM berkaitan dengan kebutuhan jumlah karyawan yang menjadi dasar bagi perusahaan untuk dapat mencapai visi misi perusahaan secara efektif dan efisien. Maka untuk mampu bersaing kedepan PT Setialim Gunung Sari perlu melakukan penyusunan struktur organisasi dan perencanaan SDM yang terintegrasi dengan strategi organisasi dengan menetapkan jumlah SDM yang tepat, orang yang tepat (job dan kompetensi), dan waktu yang tepat untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan desain struktur organisasi yang selaras dengan rencana strategis PT Setialim Gunung Sari, kemudian untuk merumuskan job description yang selaras dengan rencana strategis organisasi untuk masing-masing jenis pekerjaan yang ada pada perusahaan, terakhir merumuskan perhitungan beban kerja dan kebutuhan jumlah karyawan PT Setialim Gunung Sari berdasarkan pendekatan hasil kerja, pendekatan objek kerja, pendekatan peralatan kerja, dan pendekatan tugas per tugas jabatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratoris dengan menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan case study. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah catatan arsip perusahaan dan dokumentasi serta laporan hasil wawancara dengan Key Informan. Key Informan yang digunakan adalah Direktur Utama sekaligus owner PT Setialim Gunung Sari, Manajer Umum, dan Manajer Operasional. Ketiga key informan tersebut memberikan informasi berkaitan dengan analisa jabatan dan perhitungan jumlah karyawan. Hasil penelitian ini adalah desain struktur organisasi yang sesuai dengan rencana strategis organisasi dan perhitungan kebutuhan jumlah karyawan pada PT Setialim Gunung Sari melalui empat pendekatan perhitungan yaitu pendekatan hasil kerja, pendekatan objek kerja, pendekatan peralatan kerja, dan pendekatan tugas per tugas jabatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 17-15 Hal d
Uncontrolled Keywords: organizational structure, workload analysis, calculation of the number of employees, job descriptions, the amount of employee calculation approach.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
NOVI HALIM, 041143012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNuri Herachwati, Dra. Ec., M.Si., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 03 Oct 2016 10:03
Last Modified: 03 Oct 2016 10:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39448
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item