KAJIAN MANAJEMEN RISIKO SEBAGAI UPAYA UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN PADA PROYEK KONSTRUKSI BAJA DAN SIPIL DI PT SUPRA SURYA INDONESIA

SIWI DYAH DESI LASTIANTI, 041224353004 (2015) KAJIAN MANAJEMEN RISIKO SEBAGAI UPAYA UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN PADA PROYEK KONSTRUKSI BAJA DAN SIPIL DI PT SUPRA SURYA INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-lastiantis-36872-6.abstr-k.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
31. 39452.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan jumlah perusahaan kontraktor di Indonesia menyebabkan adanya persaingan pada industri tersebut. Untuk itu setiap perusahaan dituntut untuk mampu bertahan dengan selalu memberikan yang terbaik untuk kliennya. Namun untuk mampu bertahan dan bersaing di industri konstruksi perusahaan kontraktor harus menghadapi berbagai risiko serta ketidakpastian. Seperti halnya yang terjadi pada PT Supra Surya Indonesia, perusahaan kontraktor yang telah berdiri sejak tahun 1980, dimana keuntungan yang diterima perusahaan menjadi berkurang karena adanya risiko-risiko dan ketidakpastian yang dihadapi. Risiko-risiko yang terjadi tidak hanya menyebabkan waktu penyelesaian proyek yang mundur serta berkurangnya keuntungan perusahaan, namun juga dampak lain yaitu nama perusahaan yang menjadi jelek di mata klien maupun calon klien. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain manajemen risiko untuk PT Supra Surya Indonesia untuk mencapai key success factor. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan metode yang digunakan adalah menggunakan metode Analytic Network Process (ANP) dan metode Technique for Order Preference by Similarity to an Ideal Solution (TOPSIS). Metode ANP digunakan untuk mendapatkan bobot dari masing-masing penyebab risiko yang telah teridentifikasi. Hasil dengan penggunaan ANP adalah didapatkan 13 urutan ranking penyebab risiko dengan bobot yang terbesar. Sedangkan metode TOPSIS digunakan untuk memilih alernatif mitigasi yang sesuai dengan perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu PT Supra Surya Indonesia untuk mendesain manajemen risiko sehingga PT Supra Surya Indonesia mampu berkompetisi serta mampu mencapai mencapai key success factornya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 21-15 Las k
Uncontrolled Keywords: Project, Risk Management, Analytic Network Proces (ANP), Technique for Order Preference by Similarity to an Ideal Solution (TOPSIS)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SIWI DYAH DESI LASTIANTI, 041224353004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSuparno, Prof. Ir., MSIE., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 03 Oct 2016 10:17
Last Modified: 14 Jun 2017 17:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39452
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item