PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DALAM PERJANJIANKERJA SAMA ANTARA BANK SYARIAH X DENGAN PT.DSB

NUR FADHILAH, 031214253093 (2014) PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DALAM PERJANJIANKERJA SAMA ANTARA BANK SYARIAH X DENGAN PT.DSB. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-fadhilahnu-36916-3.abstr-i.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
35. 39469..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan sistem keuangan syariah di Indonesia merupakan wujud dari keinginan masyarakat yang memerlukan alternatif sistem keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Produk bank syariah yang utama adalah menggunakan pola bagi hasil, sebagai pembeda utama dengan bank konvensional yang menerapkan sistem bunga dalam kegiatan penghimpunan maupun penyaluran dana. Pembiayaan merupakan salah satu tugas pokok bank, yaitu pemberian fasilitas penyediaan dana untuk memenuhi kebutuhan pihak-pihak yang merupakan defisit unit. Dalam rangka penyaluran pembiayaan produktif,salah satu bentuk penyaluran pembiayaan yang dilakukan oleh Bank Syariah X adalah dengan mengadakan perjanjian kerjasama dengan PT.DSB. Fokus pembahasan pada tesis ini adalah mengenai Perjanjian KerjaSama antara Bank Syariah X dengan PT.DSB yaitu pemberian fasilitas pembiayaan musyarakah kepada rekanan PT.DSB. Sasaran penyusun dalam tesis ini adalah memberikan analisa atas pelaksanaan Perjanjian Kerja Sama serta aplikasi pembiayaan musyarakah yang diterapkan sehingga kedepan disesuaikan dengan prinsip dan doktrin sesuai hukum Islam maupun hukum positif yang berlaku di Indonesia. Perjanjian Kerja Sama ini merupakan perwujudan dari kebutuhan kedua belah pihak dalam meningkatkan dan mengembangkan usahanya melalui penyaluran pembiayaan kepada rekanan PT.DSB. Pembiayaan yang diatur dalam perjanjian adalah pembiayaan musyarakah mana disini terjadi kesepakatan secara sukarela antara Bank Syariah dengan nasabah penerima pembiayaan musyarakah untuk bekerjasama dalam suatu usaha tertentu, baik usaha baru ataupun yang sudah berjalan dimana masing masing pihak memberikan kontribusi modal dan merekapun sepakat berbagi keuntungan dan kerugian. Semoga tesis ini dapat menjadi bacaan yang bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembacanya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 35/15 Fad p
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Musyarakah;Perbankan
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
NUR FADHILAH, 031214253093UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Shomad, Prof. Dr. Drs., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 24 Oct 2016 23:41
Last Modified: 14 Jun 2017 17:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39469
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item