PENGGUNAAN RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI KESULITAN KEUANGAN DEBITUR KREDIT MODAL KERJA DI BANK BRI CABANG KRIAN

Humam Kurdiya Gunadi, 041143011 (2015) PENGGUNAAN RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI KESULITAN KEUANGAN DEBITUR KREDIT MODAL KERJA DI BANK BRI CABANG KRIAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-gunadihuma-36925-9.abstr-k.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fungsi bank dalam menyalurkan kredit kepada masyarakat memuncukan risiko kredit bagi bank. Risiko kredit muncul karena dilanggarnya kesepakatan antara bank dengan debitur mengenai pembayaran kembali kredit sebagaimana disepakati bersama, atau dengan kata lain debitur gagal memenuhi kewajibannya kepada bank. Kegagalan debitur dalam memenuhi kewajibannya dapat menjadi indikator, bahwa debitur mulai bermasalah dengan kondisi keuangannya. Kesulitan keuangan perusahaan dapat dilihat dan diukur melalui laporan keuangan. Laporan keuangan yang ada merupakan salah satu sumber informasi mengenai kinerjakeuangan debitur, dan sangat berguna untuk mendukung pengambilan keputusan kredit yang tepat. Dengan menganalisis laporan keuangan sebuah perusahaan dapat digunakan untuk memprediksi kelangsungan hidup perusahaan. Prediksi kelangsungan hidup perusahaan sangat penting bagi manajemen dan pemilik perusahaan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya potensi kesulitan keuangan atau kebangkrutan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui rasio-rasio keuangan yang dapat memprediksikan kesulitan keuangan debitur kredit modal kerja BRI Cabang Krian. Dengan adanya prediksi kesulitan keuangan debitur dapat dijadikan sebagai early warning system dari kondisi debitur, sehingga dapat menentukan keputusan penanganan kredit. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 4 variabel yang dapat digunakan untuk menganalisis keulitan keuangan debitur yaitu net profit margin, , average days in inventory, days sales outstanding dan debt ratio. Dengan ketepatan prediksi untukdua tahun sebelum kebangkrutan sebesar 64% dan satu tahun sebelum kebangkrutan adalah 58%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 27-15 Gun p
Uncontrolled Keywords: financial disstres, net profit margin, , average days in inventory, days sales outstanding, debt ratio
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Humam Kurdiya Gunadi, 041143011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorI Made Sudana, Drs., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 01 Oct 2016 06:25
Last Modified: 01 Oct 2016 06:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39475
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item