PERENCANAAN STRATEGIS PELATIHAN ORGANISASI OPERASI DAN PRODUKSI SEBAGAI SALAH SATU ASPEK KUNCI PROGRAM OR&A PADA PROYEK PENGEMBANGAN LAPANGAN MINYAK DAN GAS LAUT DALAM ENI INDONESIA MUARA BAKAU

MUHAMMAD CHUSAINI, 041214353021-MM (2015) PERENCANAAN STRATEGIS PELATIHAN ORGANISASI OPERASI DAN PRODUKSI SEBAGAI SALAH SATU ASPEK KUNCI PROGRAM OR&A PADA PROYEK PENGEMBANGAN LAPANGAN MINYAK DAN GAS LAUT DALAM ENI INDONESIA MUARA BAKAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-chusainimu-36930-11.abst-k.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
37. 39478.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sampai sekarang ini Indonesia masih memiliki potensi minyak dan gas bumi yang cukup besar untuk dikembangkan terutama di lepas pantai laut dalam (offshore deep water). Sumber daya manusia yang kompeten dan terlibat dalam tahap konsep evaluasi, seleksi, definisi, eksekusi, dan commissioning & start-up adalah sukses faktor dalam pembangunan proyek besar di bisnis minyak dan gas bumi. Eni Indonesia (bagian dari Eni Korporasi dan salah satu kontraktor produksi sharing dengan pemerintah Indonesisa) sedang mengembangkan proyek pembangunan fasilitas produksi offshore deepwater pertama di indonesia dan di perkirakan produksi gas dan minyak di awal tahun 2017. Operation readiness and Assurance (OR&A) adalah program yang menjembatani antara manjemen proyek dan manajemen operasi dalam mewujudkan pengembangan proyek migas berkwalitas dan berorientasi terhadap HSE (Health, Safety and Enviroment), operability dan maintainability bagi operasional kedepan. Menyiapkan organisasi dan personel yang kompeten dalam pengoperasian dan pemeliharaan fasilitas produksi adalah salah satu kunci sukses OR&A eni Indonesia Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan dan mengulas tentang Operation readiness and Assurance (OR&A) eni indonesia dalam menjalankan fungsinya untuk menciptakan desain fasilitas produksi yang berkwalitas dan menyiapkan karyawan apprentices sebagai salah satu wujud komitmen perusahaan dalam mengembangkan sumber daya manusia lokal di Kalimantan Timur. Berdasarkan hasil penelitian, diperlukan kompetensi tim OR&A untuk mengawal setiap proses pengembangan proyek fasilitas produksi agar mendapatkan hasil yang diharapkan oleh perusahaan untuk menciptakan fasilitas produksi yang aman dan berorientasi terhadap operasional kedepan. Untuk mempersiapkan kompetensi karyawan apprentices, melalui evaluasi kebutuhan pekerjaan, gambaran pekerjaan dan celah keahlihan yang dimiliki apprentices dapat direncanakan program pelatihan untuk pegembangan kemampuan dari karyawan tersebut. Diharapkan dengan perencanaan program pelatihan ini, akan tercipta teknisi dan operator yang profesional di industri minyak dan gas bumi khususnya operasi di laut dalam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 31-15 Chu p
Uncontrolled Keywords: Operation Readiness & Assurance (OR & A), Qualitative, Competency, Training Matrix
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUHAMMAD CHUSAINI, 041214353021-MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSuparno, Prof. Ir., MSIE., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 01 Oct 2016 07:17
Last Modified: 14 Jun 2017 18:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39478
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item