MITIGASI RISIKO PEMBIAYAAN DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO ISLAM

ZIDNI ARDHIANA FIRDAUS, 041146003 (2014) MITIGASI RISIKO PEMBIAYAAN DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO ISLAM. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-firdauszid-37002-6.abstr-k.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak, Daftar Isi (tidak ada fulltext))
MITIGASI RISIKO PEMBIAYAAN DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO ISLAM.pdf

Download (221kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lembaga keuangan mikro Islam yang semakin berkembang akan menghadapi risiko yang semakin besar. Pengelolaan risiko harus ditingkatkan seiring dengan berkembangnya lembaga keuangan mikro Islam, agar dapat terus mencapai tujuannya, yaitu mensejahterakan masyarakat. Koperasi dan Baitul Mal wat Tamwil (BMT), sebagai salah satu lembaga keuangan mikro Islam, juga dihadapkan pada permasalahan risiko, khususnya risiko pembiayaan. Peraturan yang ada saat ini belum bersifat mengikat, sehingga menimbulkan intrepretasi berbeda pada penerapan mitigasi risiko pembiayaan di masing-masing lembaga keuangan mikro Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui mitigasi risiko pembiayaan di lembaga keuangan mikro Islam agar risiko dapat diminimalisir dengan baik. Obyek penelitian adalah BMT Dinar dan Koperasi As Sakinah. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi dan mengembangkan mitigasi risiko . Hasil dari penelitian ini adalah penyebab terjadinya risiko pembiayaan di BMT Dinar dan Koperasi As Sakinah: asimetris informasi, kesalahan analisis, personal garansi, mismanage, dan force majure. Mitigasi risiko dilakukan pada saat input, proses, dan output pembiayaan. Mitigasi risiko saat input pembiayaan dilakukan dengan menganalisis faktor profil anggota, bisnis yang akan dibiayai (jenis usaha, pola pendapatan, akad pembiayaan, pola angsuran) dan faktor pendukung (personal garansi dan jaminan) dalam keadaan baik. Mitigasi berikutnya dilakukan saat proses, yaitu saat proses diambilnya keputusan oleh pengurus. Mitigasi berikutnya dilakukan pada output pembiayaan, yaitu ketika pembiayaan sudah berjalan sampai berakhirnya pembiayaan. Mitigasi risiko pembiayaan pada output dilakukan dengan monitoring dan evaluasi. Mitigasi risiko pembiayaan pada BMT Dinar dan Koperasi As Sakinah bisa dikembangkan lebih baik agar risiko dapat diminimalisir lebih jauh lagi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSEI 01/15 Fir m FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Mitgate, Risk, Islamic Micro Financing, Social Guarantee, Risk Retention, Risk Avoid, Risk Control, Risk Transfer
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ZIDNI ARDHIANA FIRDAUS, 041146003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMuhammad Nafik Hadi Ryandono, Dr., SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 23 Oct 2016 23:49
Last Modified: 23 Oct 2016 23:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39506
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item