ANALISIS PENGELUARAN PEMERINTAH DI SEKTOR PENDIDIKAN DAN KESEHATAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM)(Studi Kasus : Negara OKI dan Non OKI)

AL-ASY ARI ADNAN HAKIM, 091214553005 (2015) ANALISIS PENGELUARAN PEMERINTAH DI SEKTOR PENDIDIKAN DAN KESEHATAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM)(Studi Kasus : Negara OKI dan Non OKI). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-hakimalasy-37030-6.abst-k.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder35.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan manusia (human development) dirumuskan sebagai perluasan pilihan bagi penduduk, yang dapat dilihat sebagai proses upaya ke arah perluasan pilihan dan sekaligus sebagai taraf yang dicapai dari upaya tersebut. Pada Tahun 2009-2011 pada laporan UNDP mengenai nilai IPM yang diperoleh oleh negara OKI dan non OKI berdasarkan peringkat kinerja pembangunan manusia, menunjukkan bahwa nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) yang diperoleh negara bukan OKI secara rata-rata lebih baik dibandingkan dengan nilai IPM (HDI) yang telah dicapai oleh negara OKI, dan juga hal ini menunjukkan besaranpengeluaran pemerintah di sektor pendidikan dan kesehatan guna meningkatkan mutu kualitas sumberdaya manusia, pada saat ini belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan dan pengeluaran pemerintah disektor kesehatan terhadap pembangunan manusia di Negara OKI dan non OKI. Penelitian ini menggunakan data sekunder dalam kurun waktu 11 tahun terakhir (2001 s/d 2011), yang dianalisis dengan menggunakan analisis regresi data panel. Hasilnya adalah setelah dilakukan analisis data, ditemukan bahwa di negara non OKI, hubungan antara pengeluaran pemerintah disektor pendidikan dengan IPM dinyatakan positif dan signifikan, sedangkan untuk pengeluaran pemerintah di sektor kesehatan menunjukkan adanya hubungan yang negatif terhadap IPM. Untuk negara OKI ditemukan bahwa pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan mempunyai hubungan negatif terhadap IPM, sedangkan pengeluaran pemerintah di sektor kesehatan menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan dan kesehatan terhadap IPM di negara OKI dan non OKI

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSEI.02/15 Hak a
Uncontrolled Keywords: Pengeluaran Pemerintah Disektor Pendidikan, Pengeluaran Pemerintah Disektor Kesehatan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Negara OKI dan Non OKI.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC94-1085 By region or country
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AL-ASY ARI ADNAN HAKIM, 091214553005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRaditya Sukmana, Dr., S.E, M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 24 Oct 2016 22:06
Last Modified: 24 Oct 2016 22:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39519
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item