STANDBY L/C SEBAGAI AGUNAN PERJANJIAN KREDIT UNTUK PEMBIAYAAN PROYEK PEMBANGUNAN KAPAL

DADDY SUMARTONO, 030810141M (2011) STANDBY L/C SEBAGAI AGUNAN PERJANJIAN KREDIT UNTUK PEMBIAYAAN PROYEK PEMBANGUNAN KAPAL. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-sumartonod-37243-4.abstr-k.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder37.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proyek pembuatan kapal merupakan proyek yang membutuhkan dana investasi yang cukup besar dan dengan resiko proyek yang cukup tinggi. Sehingga diperlukan suatu terobosan sistem pendanaan proyek yang fleksibel untuk pembeli kapal, namun di sisi lain juga memberikan kepastian hukum untuk pembayaran bagi pihak galangan kapal. Standby L/C menawarkan suatu solusi bagi para pihak dimana pihak perbankan berperan aktif dalam menjamin kelancaran transaksi tersebut, namun yang menjadi permasalahan adalah apakah Standby L/C dapat diterapkan dalam sistem hukum di Indonesia guna menjamin kepentingan para pihak. Tesis ini membahas tentang fungsi Standby L/C yang bukan hanya alat penjamin pembayaran, namun bisa digunakan sebagai jaminan untuk perjanjian kredit. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum. Dalam penelitian ini,menggunakan pendekatan statute approach dan conceptual approach. Dari penelitian ini, diketahui bahwa pertama, Standby L/C memiliki nilai ekonomis sebagai alat pembayaran dan kedua, Standby L/C dapat digunakan sebagai jaminan untuk perjanjian kredit dan dapat diikat dengan jaminan fidusia, namun penelitian ini menemukan bahwa tidak semua Standby L/C dapat diikat dengan jaminan fidusia, terdapat beberapa kriteria wajib yang harus dipenuhi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB 04/15 Sum s
Uncontrolled Keywords: Standby L/C, additional guarantee, collateral, credit agreement,fiduciary
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K830-968 Obligations > K840-917 Contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum Bisnis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DADDY SUMARTONO, 030810141MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPeter Machmud Mz, Prof. Dr., S.H., M.S., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 23 Oct 2016 17:06
Last Modified: 23 Oct 2016 17:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39573
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item