TINDAK PIDANA PENYERTAAN NOTARIS DALAM TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG

MUHAMMMAD AYUB GHAZALI (2015) TINDAK PIDANA PENYERTAAN NOTARIS DALAM TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (175kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 3 March 2023.

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (PEMBAHASAN)
6. BAB 3 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 March 2023.

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
7. BAB 4 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 3 March 2023.

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada tahun-tahun terakhir ini, sering notaris dilibatkan dalam pemeriksaan tindak pidana oleh pihak penyidik Polri. Hal ini dikarenakan notaris tersebut telah membuat akta atau menyimpan Protokol notaris yang menurut dugaan polisi bahwa akta tersebut melanggar ketentuan hukum pidana. Dalam tesis ini akan diungkap penyertaan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan oleh notaris. Berdasarkan uraian tersebut dirumuskan permasalahannya yakni:(1)Bagaimana seorang notaris terlibat tindak pidana dalam tindak pidana pencucian uang; dan (2) Bagaimana perlindungan hukum bagi notaris yang diduga terlibat dalam suatu tindak pidana pencucian uang. Metode penelitian hukum ini menggunakan pendekatan doctrinal research dengan melakukan statute approach, conceptual approach, dan case approach. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah bahwa keterlibatan notaris dalam tindak pidana pencucian uang terjadi pada saat notaris memperoleh uang dari hasil kejahatan dengan cara turut serta dan turut membantu dilakukannya kejahatan antara lain kejahatan korupsi, penggelapan dan penipuan. Apabila notaris dalam pembuatan akta ada indikasi turut serta maupun turut membantu dilakukannya kejahatan tersebut dan memberikan sarana yang memenuhi unsur menerima atau menguasai atau menggunakan harta kekayaan yang berasal dari tindak pidana sebagaimana ditentukan dalam Pasal 5 Undang-undang Tindak Pidana Pencucian Uang, maka keterlibatan notaris tersebut dikategorikan telah melakukan tindak pidana pencucian uang. Sedangkan perlindungan hukum bagi notaris yang diduga terlibat dalam suatu tindak pidana pencucian uang dapat berlindung pada ketentuan Pasal 15 Undang-Undang Jabatan Notaris sepanjang dia telah memegang teguh pelaksanaan tugas dan kewajibannya sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh undang-undang. Bentuk perlindungan hukum bagi notaris sebagai suatu profesi ditandai dengan adanya organisasi profesi, aturan-aturan kode etik profesi, penjatuhan sanksi, pencabutan izin profesi, yang dijalankan dan ditetapkan oleh organisasi profesi tanpa campur tangan eksekutif, yudikatif, maupun legislatif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 59/15 Gha t
Uncontrolled Keywords: Crime, Notary Public Participation, and Money Laundering
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K5000-5582 Criminal law and procedure > K5015.4-5350 Criminal law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMMAD AYUB GHAZALINIM031142141
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDidik Endro Purwoleksono, Prof., Dr., S.H., M.HumNIDN0025036204
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 23 Oct 2016 17:07
Last Modified: 03 Mar 2020 05:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39574
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item