POLITIK JARINGAN DALAM PEMILUKADA DI KABUPATEN HALMAHERA TIMUR

Renals Y. Talaba, 071214453005 (2014) POLITIK JARINGAN DALAM PEMILUKADA DI KABUPATEN HALMAHERA TIMUR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-talabarena-37356-6.abstr-k.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder21.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Disain sistem pemilu, sistem kepartaian dan sistem pemiluakada oleh pemerintah yang belum dikaitkan dengan efektifitas pemerintahan nasional dan daerah, mengakibatkan kesejahteraan warga daerah sulit diwujudkan. Khususnya dalam disain sistem pemilukada, belum dimasukannya pola kalender waktu pemilihan, maka akan mustahil untuk merubah perilaku elit dan massa pemilih. Kondisi tersebut memberi gambaran, bahwa cita-cita kesejahteraan hanya milik seseorang dan/atau sekelompok orang.Dengan demikian, pilihan warga masyarakat terhadap kandidat kepala daerah dalam kontestasi pemilukada, tidak berdasarkan atas penilaian dan evaluasi kinerja, melainkan atas dasar pilihan individu, bukan berdasarkan pilihan kolektif, dengan alasan belum adanya pemerataan kesejahteraan.Ini mengisyaratkan, bahwa untuk memenangkan pemilukada, maka kandidat kepala daerah harus memiliki jaringan politik yang kuat melalui penggunaan sumber daya berupa modal politik, modal sosial dan modal ekonomi untuk mendapat kepercayaan dari pemilih.Hanya dengan memiliki jaringan politik dan sumber daya yang memadai, maka kandidat kepala daerah mampu memenangkan kontestasi pemilukada. Penelitian ini menggunakan metodologi peneitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bekerjanya politik jaringan kandidat membangun kepercayaan dengan masyarakat pemilih dan sumber daya yang digunakan, untuk mengetahui cara-cara yang digunakan Ruddy Erawan sebagai ketua DPC PDIP Kabupaten Halmahera Timur, menggerakan mesin politik dalam pemenangan pemilukada dan untuk mengetahui mesin politik menjadi bagian politik jaringan serta dampaknya terhadap pemenangan pemilukada di Kabupaten Halmahera Timur tahun 2010. Hasil peneltian ini secara teorotis diharapkan untuk menambah khasana pengetahuan terkait dengan politik jaringan pemenangan dan secara paktis diharapkan dapat digunakan sebagai dasar kajian bagi calon kepala darah dalam pemenangan kontestasi pemilukada.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP. 10/15 Tal p
Uncontrolled Keywords: Political network, structurre, a political machine, political capital, economic capital, East Halmahera.
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Renals Y. Talaba, 071214453005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Aminah, Dr., MAUNSPECIFIED
Thesis advisorWisnu Pramutanto, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 21 Oct 2016 20:05
Last Modified: 21 Oct 2016 20:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item