STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL ORGANISASI NIRLABA: Studi Kasus Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi

EKA YUDA GUNAWIBAWA, 071314853001 (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL ORGANISASI NIRLABA: Studi Kasus Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-gunawibawa-37665-6.ringk-n.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder15.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Komunikasi pemasaran sosial adalah strategi untuk merencanakan dan mengimplementasikan program sosial dalam mempromosikan perubahan perilaku sosial. Komunikasi pemasaran sosial sering digunakan oleh organisasi nirlaba, seperti BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan merupakan organisasi nirlaba yang menyelenggarakan jaminan kesehatan bagian dari jaminan sosial. Untuk mendistribusikan pelayanan keseluruh Indonesia, BPJS Kesehatan telah membangun kantor cabang disetiap provinsi. Salah satunya terletak di Kotabumi, provinsi Lampung. BPJS cabang Kotabumi telah menerapkan tiga bentuk strategi komunikasi pemasaran sosial, yaitu sosialisasi, media palcement, dan advokasi. Ketiga program tersebut biasa dikenal dengan personal selling, advertising, dan public relations dalam komunikasi pemasaran sosial. Dalam memilih bentuk komunikasi pemasaran sosial, BPJS cabang Kotabumi menggunakan teori STP (segmentation, targetting, and positioning). Teori ini digunakan sebagai tahapan sebelum menentukan strategi komunikasi pemasaran sosial. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam (indepth interview), analisis data sekunder, dan observasi. Hasilnya, menunjukkan bahwa BPJS Kesehatan Kotabumi mampu menerapkan komunikasi pemasaran sosial untuk mempromosikan program sosial. Dalam menganalisis strategi komunikasi pemasaran sosial berdasarkan The P-Process communication dari The Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Center fo r Communication Program (CPP).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK. 25/15 Gun s
Uncontrolled Keywords: Social Marketing Communication, changes behaviour, non-profit organizations, social program, promotions.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
EKA YUDA GUNAWIBAWA, 071314853001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHenry Subiakto, Dr., S.H., M.A.UNSPECIFIED
ContributorSanti Isnaini, Dr., S.Sos., M.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 21 Oct 2016 17:17
Last Modified: 21 Oct 2016 17:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39626
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item