PENGARUH COMMUNITY DEVELOPMENT, RELATIONSHIP QUALITY, REPUTASI, FUNCTIONAL VALUE DAN KEPUASAN TERHADAP PENINGKATAN LOYALITAS USAHA KECIL MENENGAH SEBAGAI MITRA BINAAN PADA BANK BUMN DI KOTA SURABAYA

Holmes Rolandy Kapuy, 090970331 (2016) PENGARUH COMMUNITY DEVELOPMENT, RELATIONSHIP QUALITY, REPUTASI, FUNCTIONAL VALUE DAN KEPUASAN TERHADAP PENINGKATAN LOYALITAS USAHA KECIL MENENGAH SEBAGAI MITRA BINAAN PADA BANK BUMN DI KOTA SURABAYA. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
9. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
39656-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini menganalisis peningkatan loyalitas mitra binaan pada bank-bank BUMN di Kota Surabaya yang dipengaruhi dari konsep CSR (corporate social responsibility) yaitu community development. Community development digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan loyalitas dengan mengidentifikasi manfaat dan kebutuhan mitra binaan bagi usaha yang dijalankan berdasarkan relationship quality, reputasi, functional value dan kepuasan yang diberikan oleh bank. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 180 mitra binaan dari bank-bank BUMN di Kota Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling karena semua sampel adalah homogen dan pengambilan dilakukan secara acak dengan data yang sudah tersedia. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Structure Equation Modeling dengan AMOS Graph version 22 untuk menganalisis hubungan hipotesis serta reliabilitas dan validitas . Hasil penelitian menunjukkan bahwa community development dapat menciptakan relationship quality dan mengidentifikasi functional value untuk meningkatkan loyalitas mitra binaan terhadap bank. Meningkatnya loyalitas mitra binaan, karena strategi community development dapat memenuhi kebutuhan dan memberikan manfaat nyata bagi pengembangan usaha yang dijalankan. Loyalitas mitra binaan diidentifikasi berdasarkan pengaruh variabel relationship quality, reputasi, functional value dan kepuasan. Keempat variabel ini telah menunjukkan pengaruh signifikan dari manfaat community development dalam meningkatkan loyalitas mitra binaan terhadap bank.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 DIS.E.01/16 Kap p
Uncontrolled Keywords: community development, relationship quality, reputasi, functional value, kepuasan, loyalitas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsEmail
Holmes Rolandy Kapuy, 090970331UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Wahyuni Astuti, Prof. Dr. , SE.,MSUNSPECIFIED
ContributorSri Gunawan, Drs. , M.Com.,DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 27 Jun 2016 07:19
Last Modified: 22 Apr 2018 20:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39656
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item